Tips Cara Atasi Burung Perkutut Yang Serak Di Jamin Suara Jernih Kembali

 Hari hari ini saya lihat banyak sekali penggemar perkutut, bahkan saya pun juga ikut tertarik untuk membeli 1 burung perkutut lokal.

Namun perkutut yang saya beli malah serak, meskipun mau bunyi, tapi kalau di dengar kurang sedap dan kurang enak akibat suaranya serak.

Pernah saya bertanya pada beberapa orang yang hobinya hanya perkutut, soal penanganan burung perkutut yang serak, namun saya hanya di sarankan untuk menggunakan produk KRISTAL untuk mengobati suara serak pada perkutu saya.

Tetapi saya lupa untuk membelinya akhirnya burung perkutut tersebut masih serak dan suaranya makin menjadi serak.

Nah sekarang saya akan membagikan sedikit rawat untuk burung perkutut yang sedang mengalami serak, ini 100% dari pengalaman saya sendiri bukan hanya katanya atau saran dari orang lain.

Yaaa meskipun cara ini sebenarnya tidak sengaja saya lakukan, karena awalnya saya hanya merawat lovebird dan perkutut tersebut saya ikutkan juga, akhirnya seraknya hilang dan mampu untuk bunyi jelas dan jernih lagi suaranya.

Berikut rawatan burung perkutur sederhana yang sedang serak.

1. Cepuk Pakan Dan Minum

Biasanya burung perkutut itu sedikit agak di abaikan, perawatannya juga tergolong simpel, hanya kasih pakan dan minum burung perkutut sudah mampu untuk bunyi

Tapi di pengalaman saya waktu kemaren, beda lagi jika burung tersebut sedang di serang serak, waktu saya lihat cepuk pakannya dibagian bawah, terdapat jamur dan kotor, inilah yang harus di perhatikan jika ingin burung sehat, dan saya akui ini adalah kesalah saya. 😁

Untuk cepuk minumnya, saya lihat sering kehabisan air dan sudah kotor, inilah mengapa burung perkutut saya jadi serak, suaranya jadi erek, dan tidak sedap untuk di dengar, ini kesalahan saya lagi 😁

Setelah tau begitu, akhirnya saya bersihkan dan saya kasih air matang, atau air yang sudah di rebus untuk minumnya, cepuk pakannya juga saya bersihkan dari jamur dan kotoran.

2. Pakan Yang Sudah Higienis Dan Setiril Dari Debu Atau Pasir

Untuk urusan pakan, kalian boleh saja menggunakan milet putih campur dengan milet merah, tapi ingat lebih baik cuci dulu supaya pakan tersebut bebas dari debu dan pasir, ini bertujuan supaya tenggorokan burung perkutut tidak gatal akibat debu

Kalau boleh menyarankan, kalian juga bisa beli pakan kemasan yang sudah di proses oleg pabrik, karena sudah bersih dan higienis, seperti yang saya gunakan.

3. Selalu Bersihkan Kandang

Burung perkutut biasanya menggunakan sanggar yang khas ala kraton, misal seperti ukir rotan, kereta kuda, dll

Tapi untuk yang menggunakan sangkar biasa seperti saya, lebih baik kalian selalu bersihkan sangkarnya, khususnya di area tebok bawah.

Sebab jika ada pakan yang jatuh, bisa saja burung akan turun untuk memakannya lagi, pakan tersebut sudah terkontaminasi dengan kotoran, inilah yang akan mengakibatkan burung perkutut kalian mudah serak, dan suaranya jadi tidak enak untuk di dengar.

4. Mandi Dan Jemur

Kok burung perkutut mandi ???? Kenapa emang salah kalau burung perkutut mandi?

Inilah yang saya lakukan saat burung perkutut saya sedang serak, saya mandikan dengan semprot, meskipun bulunya tidak mudah basah, tapi nyemprotnya di bagian kepala yang bulunya agak tipis

Dengan begitu burung akan merasakan segar dan fres lagi. Setelah itu burung di jemur secukupnya saja.

Karena burung perkutur saat di alam bebas memang sangat suka dengan hawa panas.

KESIMPULAN

Sebenarnya cara di atas tidak sengaja buat saya, karen waktu itu saya hanya ingin merawat lovebird, dan burung perkutut tersebut saya ikutkan sekalian, tetapi hanya 2 hari suara serak pada burung perkutut saya semakin hilang dan suaranya kini jernih lagi, percaya atau tidak, ini 100% dari pengalaman saya sendiri.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel