Penyebab Kenari Macet - Tips Merawatnya

 Burung kenari adalah salah satu burung yang sedang populer di indonesia, sebab salah satu burung yang yang memiliki suara ngeroll dan mirip seperti senapan ini sangat di gemari kalangan muda atau pun tua.

Burung kenari ini banyak sekali jenisnya, untuk soal harga tergantung dari jenis tipe dan tingkat kegacoran burung tersebut

Saya sering sekali melihat post di grub grub kenari mania yang banyak sekali, karena burung mereka sedang mengalami macet bunyi dan tidak mau berkicau sama sekali.

Hal seperti ini juga sedang saya alami, kenaru saya juga sedang macet bunyi, resah juga jika burung yang setiap harinya bunyi, sering menghibur waktu luang saat istirahat tiba tiba saja malah diam dan bisu

Tapi pada tanggal 25 september 2018 waktu sore hari, burung kenari saya sudah mau berkecau lagi, dengan sedikit wawasan, pengalaman dan pengamatan saya pada burung kenari, akhirnya burung kenari tersebut bisa bunyi lagi

Pada postingan ini saya akan bagikan cara saya untuk mengembalikan burung kenari yang sedang macet atau bisu, dapat berkicau kembali. Jadi simak saja OK

Penyebab Burung Kenari Menjadi Macet Atau Bisu


Ada beberapa sebab atau Faktor pemicu burung kenari yang awalnya gacor dan rajin bunyi malah menjadi bisu, setelah saya mengamati burung tersebut penyebab dan faktor pemicu macetnya kenari adalah.

- Burung sedang sakit
- Burung Sedang Masa Mabung
- Burung Kurang Birahi
- Burung Terserang Jamur Kaki
- Jangan Paksa Untuk Produksi Terus
- Burung Jarang Di Rawat
- Burung Sedang Setres Berat
- Sering Kehabisan Pakan Dan Minum

Nah di antara beberapa penyebab di atas bisa saya simpulkan pasti di antara kalian mengalami hal yang sudah saya jelaskan di atas dan cobalah untuk merubah pola rawatannya agar burung dapat kembali gacor dan rajin berkicau kembali.

Rawatan yang akan saya bahas ini, sudah mencakup semuah faktor penyebab kenari menjadi macet seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

1. Selalu Bersihkan Kandang Burung

Jika penjelasan di atas adalah burung sedang sakit, sebaiknya sangkar burung selalu di bersihkan, kandang yang kotor menjadi sarang kuman, yang pastinya akan menyebabkan burung terinfeksi bakteri dan virus, jika burung sakit pasti burung akan diam saja dan bisu. Di sinilah pemicunya burung kenari kalian menjadi macet.

2. Burung Sedang Fase Mabung.

Dalam proses perontokan bulu, atau proses penumbuhan bulu pada setiap burung di namakan fase mabung, proses ini memerlukan stamina dan tenaga yang sangat banyak

Burung kenari yang sedang mabung, akan menyimpan tanaga dan staminanya untuk proses tersebut

Di sinilah mengapa burung menjadi macet dan malas bunyi, sebab saat proses mabung, tubuh burung akan merasakan sakit dan kurang sehat. Ibarat manusia pegal pegal, ( Kasih Jamu Saja Bang 😂 )

3. Kurangnya Birahi Pada Burung

Apakah kalian pernah melihat burung kenari yang lesu, bulu selalu gembung, sering tidur saat siang hari ??? Nah inilah jawabannya burung kenari tersebut kurang birahi.

Nah kurangnya birahi pada burung kenari membuat burung kurang bergairah, kurang bertenaga dan pastinya menjadi macet

Naikan birahinya dengan cara memberi EF daun kangkung, atau bisa juga telur puyuh yang di tetesin minyak ikan.

4. Kaki Burung Terdapat Jamur

Sebenarnya penyakit ini sudah umum yaaa untuk penderita kenari, jamur kaki pada burung kenari di sebabkan akibat si perawat kurang prihatin pada peliharaannya,

Jamur kaki pada kenari, bisa muncul akibat tangkringan yang kurang bersih, tangkringan jika terdapat kotoran dan akhirnya terinjak oleh kenari jamur kaki pasti muncul.
Jamur ini akan membuat kenari pincang dan merasa kesakitan, akhirnya burung pasti akan macet dan malas bunyi

Solusinya, bersihkan tangkringan dengan cara di sikat atau di lap pake kain, setelah itu obati kaki kenari yang ada jamurnya, dengan selep new as Star, selep ini sebenarnya sudah saya bahas di artikel saya yang lain, silahkan kalian cari saja artikelnya agar kalian dapat informasi lebih.

5. Beri Istirahat, Jangan Paksa Untuk Produksi Terus Menerus.

Pada pengalaman saya, waktu masih pemula di bidang kenari, sangking senengnya burung dapat beranak pianak, akhirnya saya paksa untuk produksi terus menerus tanpa memikirkan akibatnya,

Ternyara benar, jika dipaksa untuk selalu produksi, burung menjadi kurus, lemah, bulu rontok bahkan sampi botak permanen.

Solusinya, berikah jeda, istirahatkan burung jika sudah beranak, berilah vitamin untuk stamina burung, supaya tidak lesu dan kurus

6. Burung Jarang Di Rawat.

Di nomer inilah mengapa burung kenari menjadi macet bunyi, yaa ada beberapa burung yang di rawat alakadarnya malah gacor dan rajin, tetapi beda lagi urusannya jika sedang menghadapi burung macet

Cobalah di rawat, dan berikan sedikit kasih sayang, karena burung juga mahluk hidup, ibarat manusia jika tidak mendapat perawatan dari orang tua pasti juga akan murung dan sedih.

Tunjukan kepedulian kalian sebagai majikan pada burung kenari kalian, dan imbalannya pasti burung tersebut akan berkicau sangat merdu untuk kita

7. Burung Sedang Setres

Pada faktor ini biasanya burung sedang terganggu dengan adanya hewan lain, misal seperti tikus yang ingin memangsanya, kucing, ular, dll

Dari pengalamab saya, kenari juga bisa setres mendengan suara sound yang terlalu kencang, ada juga saat di gantung di depan teras, banyak anak kecil yang membawa kayu dan memukul mukul sangkat dan akibatnya menjadi setres

Solusinya, asingkan dulu burung yang sedang setres di tempat yang sepi, krodong burung supaya burung netral dan dapat istirahat, tapi jangan lupa untuk selalu di pantau perkembangannya.

8. Sering Kehabisan Makan Dan Minum

Di masalah inilah kebanyakan orang sering terjadi, yaitu kehabisan pakan dan minum.
Biasanya jika sudah sibuk kerja kalian pasti akan lupa bahwa kalian punya hewan peliharaan, tidak jauh berbeda dengan saya 😂

Kehabisan pakan dan minum membuat burung menjadi setres karena mereka kelaparan dan kehausan, faktor ini dapat memicut suara menjadi serak akibat dehidrasi, sehingga burung malas bunyi

Tips Perawatan Kenari Macet Atau Bisu

Cobalah untuk melakukan pengembunan, pengembunan yang bagus di lakukan pada jam 05.00 atau 05.30 sampai matahari muncul.

Pengembunan membuat burung tenang ,relax dan pernafasan burung menjadi segar.

Setelah di embun, burung di mandikan sampai basah kuyup, setelah itu jemur  jangan lupa, untuk membersihkan sangkar dan kontrol pakan dan minumannya.

Untuk pakannya saya dulu menggunakan merk belgie, karena pakan tersebut sudah di racik di pabrik, komposisi dan takarannya sudah pas, EF saya menggunakan daun bayam dan telur puyuh

Setelah proses di atas selesai, angin anginkan burung didepan teras, sambil di pantau perkembangannya.

Hanya itu saja yang saya lakukan pada burung kenari saya yang macet, semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari solusi mengatasi kenari macet atau bisu.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel