6 Cara Ternak Perkutut Agar Cepat Bertelur

 Potensi ternak perkutut bisa menjadi salah satu sarana sampingan yang sangat bagus.

Pasalnya, harga burung perkutut untuk tahun 2023 masih tergolong setabil.

Namun kendala yang harus dialami saat mulai dari nol sangatlah banyak. Mulai dari burung tidak kunjung produksi, berjodoh tapi tidak mau kawin, yang bikin jengkel adalah burung yang sudah kawin tapi tidak mau bertelur di peradangan yang sudah di sediakan.

Tetapi dari pengalaman itu semua, saya akan mencoba untuk berbagi tips pengalaman yang saya lakukan saat beternak burung perkutut, khususnya untuk perkutut warna. Jadi simak dan baca artikel singkat ini sampai habis.

Persiapan untuk ternak burung perkutut.

Burung perkutut terkenal sangat liar dan giras, apalagi saat di dekati manusia dengan ciri khas kelabakan dan sayap yang berdarah.

Untuk persiapan ternak burung perkutut usahakan untuk memahami dulu karakter dan apa yang di inginkan burung tersebut

Karakter burung perkutut berada - beda, ada yang kondisi ramai mau produksi dan ada yang harus dalam kondisi sepi tergantung mental dari burung tersebut.

Namun untuk antisipasi, sebaiknya tempatkan induk perkutut pada lokasi yang sepi dan tidak terlalu banyak lalu lalang aktivitas manusia.

Baca Juga: Fungsi Dan Manfaat Metabolisme Untuk Perkutut

1. Pemilihan Ukuran Kandang Untuk Ternak

Memilih ukuran kandang sangatlah relatif, nyatanya ada banyak orang yang bisa ternak perkutut hanya dengan kandang kotak Lovebird, dan ada juga yang berhasil hanya dengan kandang gantung biasa. 

2. Perhatikan Jenis Induk Yang Akan Di Pakai Untuk Ternak

Dari pengalaman saya, kalau bisa belilah induk yang sudah pernah produksi, antara 2-3x beli induk perkutut langsung dari peternakan, kalau dari postingan Facebook yang di bahayakan biasanya tipu tipu.

Datang saja di peternakan, kalian bisa melihat, mereka ternak di ruangan terbuka atau tertutup, apa gunanya?? 

Kalian bisa melihat dan menilai mental dari induk yang akan kalian beli, kalau ternaknya di ruangan terbuka dan mau produk biasanya induk dari peternakan tersebut bermental bagus.

3. Tentukan Lokasi Yang Paling Nyaman Untuk Perkutut

Ternak perkutut hal yang paling penting adalah menentukan lokasi yang akan digunakan. Perkutut memiliki karakter yang bisa dibilang kagetan, kelabakan, dan suka melukai dirinya sendiri.

Meskipun saya hanya ternak 2 pasang induk, namun dari pengalaman yang saya pahami, perkutut menyukai lokasi yang sepi dan tidak terlalu banyak gangguan.

Bisa dibilang, lokasi untuk ternak bisa menentukan kesuksesan atau malah tidak membuahkan hasil.

4. Penjodohan Yang Benar 

Bagi kalian yang masih pemula, khususnya didunia anggunan seperti perkutut, jangan sampai terkecoh dengan sepasang perkutut yang terlihat mesra dan tidur bersama.

Apakah tanda - tanda tersebut sudah berjodoh? Belum tentu.

Sepasang burung perkutut jantan dan betina dalam satu sangkar, terlihat mesra dan tidur berdekatan belum tentu itu berjodoh melainkan hanya berteman saja.

Bagi yang suka mikat burung malam hari, pasti sering melihat burung perkutut tidur berdekatan dengan burung lainnya.

Perkutut yang benar - benar berjodoh biasanya ditandai dengan jantan ngerot atau koar - koar di hadapan betina.

5. Angkat Birahi Induk Perkutut

Di artikel ini, saya akan menceritakan bagaimana saya dulu ternak perkutut dan cara menaikan birahi perkutut supaya mau kawin dan produksi.

Pertama - Tama pisahkan kedua induk dengan sangkar yang berbeda, tempelkan jantan dan betina sekitar 3 hari.

Untuk meningkatkan birahi induk jantan dan betina, dulu saya menggunakan metabolisme, jika induk sudah birahi dan siap untuk masuk dalam kandang ternak

Biasanya perkutut jantan sering terlihat ngerot dan koar koar.

6. Dongkrak Induk Dengan Vitamin Agar Makin Maksimal

Agar semakin maksimal, dulu saya dongkrak birahi dengan racikan vitamin estimulant dan vitacik.

Meskipun vitamin tersebut untuk ayam, namun dengan takaran yang pas dan kombinasi yang tepat, induk perkutut bisa lebih birahi dan prosesnya semakin cepat.

Untuk pakan, gunakan andalan kalian masing masing, yang paling penting saat sudah masuk dalam kandang ternak adalah sediakan asinan batu bata yang di campur dengan pasir.

Fungsinya? Supaya burung merasa seperti dialami, dan banyak juga manfaat asinan untuk perkutut

Untuk asinan dulu saya tak taruh di nampan kecil supaya perkutut bisa leluasa

Sekian dulu artikel hari ini, tentang bagaimana cara ternak perkutut untuk pemula, semoga pengalaman saya dalam bidang hobi ini bermanfaat. Jumpa lagi di artikel selanjutnya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel