cara memilih induk kenari yang bagus dan berkualitas tinggi

 


 ada beberapa hal yang harus di ketahui untuk para peternak kenari, salah satu masalah yang kerap melanda adalah induk kenari mandul, entah itu jantan atupun yang betina.

sebelum kalian akan memulai ternak kenari, pahami betul induk yang akan kalian pilih yang nantinya akan menjadi bibit untuk kenari unggulan, sehingga nama peternakan kalian terkenal dan di cari oleh pemain kenari.

lalu bagaimana cara untuk memilih induk kenari yang bagus dan prospek untuk lomba? apakah ada cara atau trik dan tips tentang cara memilih induk kenari yang bagus dan berkualitas tinggi? baca artikel ini sampai selesai, karena artikel ini 100% pengalaman saya pribadi.


CARA MEMILIH INDUK KENARI YANG BAGUS DAN BERKUALITAS

ada beberpa tipe, ciri, dan karakter yang harus kalian ketahui sebelum memilih induk kenari, jangan asal pilih dan ngawur, pasalnya banyak orang yang membeli kenari paud hasil dari induk asal dan akhirnya paud kenari tersebut susah bunyi dan malas.

1. induk kenari harus aktif - salah satu sarat untuk pemilihan induk adalah jantan dan betina harus aktif, biasanya calon induk akan lebih aktif bila di dekati manusia, apabila induk kenari yang kalian pilih hanya diam dan menggembung, saran saya lebih baik pilih yang lain.

2. jangan terkecoh dengan kenari betina yang ngerol atau bunyi- perlu kalian catat dan harus kalian ingat, jangan pernah terkecoh dengan kenari betina yang ngerol ataupun sering bunyi. dari pengalaman yang saya alami, kenari betina yang mau ngerol biasanya lebih susah untuk di kawinkan.

jika kalian paksa dan mereka sampai tarung, apalagi kenari jantan kalian sampai kalah yang ada kenari jantan kalian akan kandek dan macet bunyi, akibat drop mental

pilihlah kenari betina yang birahi kawin kalau ingin di ternak, jangan yang birahi bunyi. satu lagi yang harus kalian ingat, kenari betina yang mau ngerol dan bahkan rajin, biasanya usianya sudah tua kisaran umur 2 tahun lebih, meskipun mau kawin dan bertelur, biasanya tidak isi dan kenari tersebut mandul

3.mulailah dari kenari siapan- metode yang paling efektif dan paling manjur untuk kalian yang ingin memulai ternak kenari, mulailah dengan kenari siapan untuk di jadikan induk, sebab kenari yang siapan lebih siap semuanya. mulai dari birahi, mental, dan belum pernah terkontaminasi dengan doping

4. jangan pernah memilih kenari yang mengembungkan bulunya sebagai induk- anggap saja ini curhatan saya, apakah kalian pernah membeli kenari dari postingan facebook? di ulasan tersebut mengatakan bahwa pemilik kenari tersebut sudah bosen dan harganya agak murah dan saya beli.

sesampainya di rumah, kedua induk tersebut malah mengembungkan bulunya, dan ternyata induk kenari yang saya beli dari postingan facebook sakit pilek, saya atasi tidak bisa dan akhirnya ya mati.

5. pilihlah induk kenari dengan warna yang cerah- pilihlah induk kenari dengan warna bulu yang masih cerah, burung terlihat fres dan terlihat jingkring dan gagah sesuai postur kenari pada umumnya, jika kalian terkecoh dengan harga yang murah akibat mabung, yang di kuatirkan kenari tersebut sudah tua, yaa tergantung mabungnya berapa kali.

TUJUAN TERNAK KENARI

 ternak kenari bertujuan untuk menambah pundi pundi penghasilan, karena harga kenari masih potensial untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. ternak kenari terlihat mudah namun bila di jalani belum tentu semudah cocote GOOGLE

PENUTUP

dari pengalaman yang saya amati, mulai dari karakter, tingkah laku, dan apa yang di mau kenari semuanya tergantung perlakuan dari pemilik, pastikan kalian memperlakukan kenari tersebut dengan adil dan bijak, nantinya kenari tersebut akan pengertian sendiri dengan kalian. 

semoga dengan adanya artikel yang saya buat tentang cara memilih induk kenari yang bagus dan berkualitas dapat menjadi sebuah refrensi buat kalian, saya harap artikel ini bermanfaat saya pamit salam penghobi kenari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel