kenari betina kalian galak? tidak mau di kawinkan? ini dia solusinya

solusi untuk kenari betina yang galak dan tidak mau di kawinkan


kenari betina kalian galak? selalu menyerang yang jantan bila akan di kawinkan? nah baca artikel ini mulai awal sampai selesai karena saya sendiri pernah mengalami hal yang serupa.

kenari betina bisa galak pada kenari jantan biasanya terjadi pada betina siapan atau yang lagi berurmur 7-8 bulan. kenari tersebut sedang mengalami tinggkat birahi yang super tinggi dan tidak bisa di kontrol.

kenari berina bisa galak juga bisa di pengaruhi faktor  genetik, namun yang paling sering adalah kenari betina galak pada kenari jantan yang usianya sudah tua.

rata - rata kenari yang usianya sudah di atas 1tahun bila akan di kawinkan dengan kenari siapan atau tembean biasanya memang selalu berantem dan tidak mau kawin.

 

BERIKUT INI SOLUSI KENARI BETINA YANG GALAK PADA KENARI JANTAN

inilah beberpa solusi yang biasa saya gunakan untuk mengatasi kenari betina yang galak saat akan di kawinkan 


1. Pancing kenari betina dengan suara MP3

cara pertama yang biasa saya gunaka bila kenari betina galak pada sang jantan dan tidak mau di kawin adalah dengan pancingan suara MP3 

bila kenari betina sudah terlalu birahi, biasanya bila di putarkan masteran kenari yang gacor, kenari tersebut akan nungging, nah tugas dari sang kenari jantan adalah langsung turun dan mengawini keanri betina tersebut. 

cara ini selalu berhasil bila saya lakukan, namun ada juga kenari jantan yang tidak berani mengawini kenari betina galak walaupun sudah nungging karena mental dari sang jantan sudah kalah.

2. turunkan setengah birahi kenari betina tersebut

kenari berina yang galak dan tidak mau di kawin bisa di karenakan over birahi, cara yang sering saya gunakan adalah menurunkan setengah dari birahi kenari betina tersebut. bila di turunkan total yang ada malah drop dan tidak mau kawin sama sekali.

jika kalian sering menggunkan pakan kenari seed, saran saya ganti pakan tersebut dengan millet putih polos, mandikan burung saat pagi hari, lalu tempelkan dengan sang jantan. tujuannya supaya saling dekat dan kenal.( bonus jodoh )

3. betina galak karena belum berjodoh

bukan manusia ataupun burung, kalau baru kenal dan bukan pasangannya asal mau ngawinin aja pasti marah dan tidak segan untuk menyerang.

bila kalian mau ternak kenari dan baru mendapatkan calon induk, saran saya lebih baik gunakan metode sangkar tempel agar kedua induk dapat saling mengenal, beradaptasi dan interaksi.

meskipun ada burung kenari yang belum saling kenal langsung mau kawkin, namun teteap di ( garis bawahi) setiap tipe dan karakter burung berbeda - beda.

4. perhatikan setiap usia kenari yang akan di jadikan indukan

jika kalian memiliki kenari jantan yang super gacor dan bermental bagus, dan kalian memiliki gagasan untuk mengambil keturunan dari jantan tersebut, tetapi saat di beri berina malah galak dan tidak mau kawin malah sering berantem.

solusinya, perhatikan usia dari induk yang akan di kawinkan belilah induk betina yang sudah pernah bertelur dan mengasuh anak, jangan kalian belikan yang siapan atau tembean.

dari pengalaman yang saya amati salama saya ternak kenari, betina atau jantan bila di beri pasangan yang sudah tua, biasanya berantem dan susah untuk di ternakan.

5. koloni kenari tersebut dengan beberpa jantan dalam 1 kandang

solusi yang terakhir yang saya punya dari pengalaman pribadi adalah mengoloni kenari betina tersebut dengan beberapa kenari jantan dalam 1 kandang.

yang paling penting adalah siapkan saja tempat untuk bertelur, biarkan kenari betina yang galak tersebut memilih pasangannya sendiri.


PENUTUP

kenari betina yang galak biasanya memiliki kelebihan yaitu mau ngerol dan bunyi, bila cara di atas semuanya gagal (angkat tangan saya) lebih baik kalian tukarkan saja dengan induk yang lain supaya tidak bikin pusing.

semoga apa yang saya bagikan bermanfaat dan referensi yang saya tulis di blog ini memberi kalian pemecahan masalah tentang cara mengatasi kenari betina yang galak. jumpa lagi di lain waktu sukses selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel