cara jitu mengatasi kenari ngelemak

 


 hay guys selamat datang dan jumpa lagi diblog UNTUK HOBI, diartikel kali ini saya akan membahas tentang bagimana cara mengatasi burung kenari yang ngelemak atau kegemukan. effek yang akan terjadi pada burung kenari jika terjadi kegemukan atau ngelemak adalah menurunnya tingkat kicau dan kurangnya aktifitas pada burung tersebut.

ngelemak pada burung kenari timbul akibat banyak mengonsumsi pakan yang mengandung banyak protein dan  kalori, misalnya seperti pakan tambahan yang sering diberikan adalah telur puyuh rebus dan jagung manis.

 HAL YANG MEMBUAT KENARI MENJADI NGELEMAK

  •  nafsu makan yang terlalu tinggi
  •  terlalu banyak asupan protein
  • kurangnya penjemuran 
  • sangkar burung tertelu kecil

nah perlu kalian ketahui bahwa ngelemak pada burung kenari dapat mengakibatkan burung menjadi macet bunyi, bahkan ada yang pernah mengalami burung kenari yang ngelemak dan tidak langsung diatasi dapat mengakibatkan kematian pada burung kenari tersebut.

untuk kalian yang memiliki kenari yang sedang ngelemak dan masih sayang pada burung tersebut segeralah kalian atasi dengan melalukan sedikit perawatan dan tritmen rutin agar burung kenari kalian bisa terhindar dari ngelemak atau kegemukan.

CARA MENGATASI KENARI YANG NGELEMAK DENGAN BENAR

 sebenarnya mengatasi kenari yang ngelemak itu sangat mudah, dan hampir semua orang yang hobi kicau pernah dihadapkan dengan perkara ini. berikut ini adalah tritmen atau terapi untuk kenari yang sedang kegemukan atau ngelemak obesitas.

1.Turunkan nafsu makan burung kenari tersebut

 untuk mengatasi kenari yang ngelemak akibat nafsu makan yang tinggi, hal yang perlu kalian lakukan adalah dengan menurunkan nafsu makan burung tersebut. caranya dengan memberikan pakan yang rendah protein dan kalori misalnya milet putih polos.

2. Kurangi asupan protein dan kalori.

 jika kalian memberikan pakan kemasan yang dijual ditoko, biasanya sudah tercampur dengan bumbu yang akan tinggi protein dan kalori, karena apa?? pakan kemasan lebih fokus pada titik birahi, jika burung birahi biasanya gacor, dan birahi pada burung terdiri dari protin dan kalori. bukan hanya itu pemberian EF juga harus di perhatikan seperti telur puyuh dan jagung.

3. Jemur burung dengan rutin dan teratur

cara mengatasi kenari yang sedang ngelemak paling efektif adalah dengan melakukan penjemuran dengan rutin dan teratur. jika burung mengalamui kegemukan yang parah sampai obesitas durasi penjemuran biasa kalian tambah. namun tetap dipantau supaya burung tidak mengalami dehitrasi.

4. Taruh burung pada sangkar yang tepat

yang saya maksud adalah taruh burung pada sangkar yang agak besar misalnya pada sangkar ukuran 30x40, tujuannya adalah agar burung dapat leluasa dan dapat terbang atau loncat pada sangkar. jika sangkar terlalu kecil makan pergerakan burung terhambat, yang terjadi adalah kenari kalian akan kegemukan akibat burung tidak dapat leluasa didalam sangkar yang sempit.

5. biarkan burung didalam sangkar umbran

 umbaran adalah sangkar yang paling tepat untuk segala jenis burung yang sedang ngelemak atau kegemukan salah satunya adalah kenari. biarkan kenari kalian berada didalam sangkar umbaran sekitar 2-3 hari. tujuannya adalah agar burung tersebut dapat melakukan aktifitas dan dapat terbang untuk mengurangi kalori yang tertimbun pada tubuh burung.

 

CATATAN: Sebenrnya rawatan ini adalah rawatan umum yang semua orang tau, namun jika kalian sedang mencari referensi saya harap artikel ini dapat menjadi rujukan yang tepat untuk kalian yang sedang mencari cara mengatasi burung kenari yang sedang ngelemak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel