Tips Ampuh Turunkan Birahi Kenari Jantan

 Jika anda menemukan postingan artikel ini. Berarti anda sedang mencari solusi untuk menurunkan birahi burung kenari. 

Ada banyak cara untuk menurunkan birahi burung kenari. Namun untuk sekarang ini saya akan membahas pengalaman sendiri, bagaimana saya menurunkan birahi burung kenari yang sudah terlalu over.

Biasanya birahi burung kenari di turunk pada burung jantan. Kalau untuk ternak lebih baik pada titik birahi yang tinggi. Namun jika untuk suatu hobi gantang. Birahi tinggi akan mempengaruhi performa tampil saat di lapangan bila ketemu lawan.

Untuk itu simak artikel ini sampai selesai. Bagaimana cara saya mengatasi burung kenari yang sudah terlanjur birahi tinggi supaya lebih setabil lagi

1. Mandi Pagi Tanpa Jemur

Cara yang biasa saya gunakan untuk mengurangi tinggat over birahi pada kenari adalah mandi pagi tanpa jemur..

Apa nih tujuannya ?????

Mandi pagi tanpa jemur dapat mengurangi tinggat birahi pada kenari. Namun sebelum kalian memandikan burung alangkah baiknya melalui proses pengembunan.

Kombinasi embun dan mandi saat pagi sudah terbukti jitu dapat menyetabilkan burung yang sedang birahi tinggi. 

Namun setelah mandi jangan lakukan penjemuran. Karena hawa panas dapat memicu timbulnya birahi naik lagi.

2. Gunakan Pakan Polos Tanpa Racikan

Disini yang saya maksud adalah pakan yang murni polos. Hanya menggunakan cannary seed saja. 

Dari pengamatan saya. Cannary seed kalau untuk burung Lovebird dapat memicu birahi. Tapi kalau untuk kenari dapat menyetabilkan

Tapi pakan tersebut murni polos atau kiloan tanpa ada bumbu racikan. Gunakan Pakan Polos sementara supaya burung dapat setabil. Meskipun itu membutuhkan waktu yang lumayan lama.

3. Atur EF

Kebanyakan orang yang masih pemula saat bermain burung kenari, biasanya salah saat memberi pakan tambahan.

Bukan hanya telur puyuh saja yang dapat memicu timbulnya birahi. Namun ada beberap pakan tambahan yang mungkin harus kalian ketahui, apakah pakan tersebut dapat menimbulkan birahi atau tidak misalnya seperti :

• Telur Puyuh Rebus

• Jagung Manis

• Daun Bayam

• Daun Kangkung

• Miley Merah

• Niger seed

• Tulang Sotong

Selama saya bermain di bidang kenari. Pakan yang saya tulis di atas dapat menimbulkan birahi pada kenari.

Untuk pakan tambahan yang cocok saat proses menyetabilkan birahi kenari adalah mentimun dan tomat saja. 

Mentimun dan tomat bersifat dingin, sejuk, dan adem. Sehingga mengurangi tinggat panas pada tubuh kenari. Karena suhu panas akibat makanan yang salah dapat memicu kenari semakin birahi.

4. Potong Ekor

Mungkin ini terdengar asing bagi anda, tapi kalau bagi saya hal ini sudah biasa. Mengatasi kenari jantan yang sudah terlanjur birahi biasanya saya melakukan potong Ekor. 

Mujarab gak nih ????

Selama saya melakukan metode tersebut. Burung kenari yang saya mainkan di gatangan bisa stabil birahinya. Namun untuk hoki atau tidak itu nasib anda masing masing.

Potong Ekor bertujuan untuk mengurangi tingkat kawin pada kenari. Sejauh ini sih itu yang saya amati. Logikanya 

Kenari tersebut lebih fokus pada ekor bila di rumah. Melakukan potong Ekor saya sarankan pada kenari yang sudah memiliki mental di atas rata rata. Kalau masih cumbu yang saya khuwatirkan malah membuat burung menjadi stres.

5. Di Umbar / Tenggar Seminggu 2 - 3 kali

Umbaran sudah terbukti sangat ampuh untuk mengurangi birahi pada burung. Sebab kalau di Umbar burung akan fokus pada kebebasan karena bisa terbang. 

Beda kalau di sangkar kotak. Burung lebih fokus pada lawan atau musuh. Yang menimbulkan birahi 

Selain dapat meningkatkan stamina dan nafas burung. Birahi burung dapat berkurang bila anda mengumbar burung kenari yang anda miliki di rumah.

Itulah beberapa cara yang biasa saya lakukan saat kenari saya sedang birahi mungkin ada cara yang terbilang agak aneh dan nyeleneh. Namun gimana lagi. Wong itu pengalaman saya sendiri.

Semoga bermanfaat selamat mencoba mungkin saya cara tersebut cocok dengan burung anda. Saya pamit duluuuuuuu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel