KENARI MACET BUNYI ? INI SOLUSINYA

 Jumpa kembali teman - teman, terimakasih sudah mampir di blog saya. Karena kunjungan kalian sungguh berarti bagi saya.

Mungkin kali ini saya akan bagikan sedikit pengalaman saya mengenai bagaimana cara saya mengatasi kenari yang macet bunyi.

Jadi akan saya ceritakan dulu mengapa kenari saya bisa macet bunyi, dan bagaimana cara saya mengatasinya.

Jujur saya, saya memiliki burung kenari yang macet bunyi, di sebabkan akibat sering kehabisan pakan dan minum saat burung tersebut sedang mabung. Mungkin karena tersebut memicu timbulnya tingkat setres yang mendalam. 😊 Dan sekarang sudah mau ngeriwik lagi dan mulai ada irama lagunya walaupun kasar.

Kenari Saya Yang Sempat Macet

Jadi bisa di simpulkan burung kenari yang macet, dapat di sebabkan akibat salah perawatan saat mabung. Atau setres akibat sesuatu hal.

Nah, kenali dulu penyebab kenari tersebut bisa macet, supaya nantinya perawatannya jadi tidak salah. Beda sebab beda pula cara merawatnya.

PENYEBAB KENARI MACET BUNYI.

• Salah Perawatan Saat Mabung
• Sangkar Terjatuh
• Kondisi Di Titik 0
• Sedang Sakit
• Setres
• Salah Racikan Pakan
• Macet Akibat Sering Di Doping
• Sering Kehabisan Pakan Dan Minum

Dari penyebab yang saya tulis di atas, mungkin saja ada salah satu yang bisa menjadi rujukan buat kalian. Mengapa burung kenari kalian bisa macet bunyi.

Namun penyebab di atas, mengarah pada tingkat kesetresan pada burung kenari yang memicu terjadinya burung menjadi macet.
Tapi kalau macet akibat burung usianya sudah tua, itu beda lagi perawatannya.

TIPS MENGATASI KENARI MACET BUNYI DAN CARA MERAWATNYA.

(1) WAJIB DI EMBUNKAN

Perawatan pertama yang bisa kalian berikan pada burung kenari kalian yang sedang macet bunyi adalah pengembunan.

Pengembunan yang paling bagus untuk penghobi kenari, kisaran jam 05.00/05.30 sebab, masih ada butiran partikel air embun yang sangat menyejukkan.

Jadi suasana embun yang sejuk serta udara yang press dari alam tersebut. Dapat menetralisi burung kenari yang sedang mengalami setres.

Saat proses pengembunan, kalau bisa usahakan kalian gantung di pohon supaya burung tersebut dapat menyerap suasana alam dan cepat mengondisikan tubuhnya.

(2) MANDI SAMPAI BASAH KUYUB

Inti dari mengatasi kenari macet adalah dengan terapi atau tritmen yang di lakukan

Mandi sampai basah kuyup, dapat menjadi salah satu terapi yang sangat ampuh dan mujarab. Bahkan sudah di buktikan para kicau mania.

Nah selanjutnya setelah kalian embunkan. Lakukan mandi sampai basah kuyup. Ingat burung kenari ada yang tipe bulu tebal. Supaya bisa sampai basah kuyup. Gunakan sedikit shampo supaya bisa menembus bulunya.
Setelah mandi Jangan di jemur cukup kalian angin angin kan saja.

(3) BERSIHKAN KANDANG DAN CEPUK

Saat proses penggacoran kenari yang macet, usahakan bersihkan kandang dari kotoran, kontrol juga di tangkringannya biasanya ada kotoran yang menempel.

Fungsinya adalah, supaya burung kenari tidak terjangkit oleh virus atau kutu yang membuat kakinya jamuran.

Jika masalah tersebut timbul, yang ada malah mengganggu proses penggacoran kenari yang sedang macet bunyi.

(4) PEMBERIAN PAKAN DAN EF

Jika proses embun, mandi, dan membersihkan kandang sudah selesai
Selanjutnya adalah mengatur pakan yang akan kalian berikan pada burung tersebut.

Untuk pakan burung kenari yang sedang macet, gunakan pakan Carikan kenceng

Bukannya pakan Carikan kenceng itu hanya untuk Lovebird ???? Eeiittt jangan salah.

Untuk burung kenari pun juga ada racikan pakan yang kenceng, dulu saya memproses kenari saya yang macet, pakannya menggunakan BELGIE atau PRESTEK

Pakan tersebut sangat kenceng, yang mampu mendongkrak kenari serta merangsang supaya burung mau bunyi, yaaa meskipun mulai dari awal lagi, ngeriwik kasar dulu, tapi yang penting sudah ada hasilnya.

Untuk pakan tambahannya ( EF ) dulu saya menggunakan daun mengkudu muda, daun bayam, dan telur puyuh rebus. Hanya 3 itu saja sih, tapi untuk pemberiannya di seling.

(5) TEMPAT ATAU LOKASI BURUNG AKAN DI GANTUNG

ini sangat penting untuk burung yang sedang macet, entah kenari, Kacer poci, murai, Anis merah atau lainnya. Saat burung sedang macet usahakan sangkarnya di gantung agak tinggi.

Supaya burung tersebut tidak terganggu dengan lalu lalang aktifitas kita, biasanya burung jika di gantung terlalu dekat dengan manusia. Biasanya akan kaget.

Karena ini bukan proses penjinakan. Melainkan proses penggacoran ulang pada burung kenari yang sedang macet bunyi.

Saat di alam liar, biasanya burung burung akan bertengger pada dahan pohon yang tinggi, pada saat itu burung akan berkicau dan mengeluarkan suara khas mereka. Itulah mengapa saya menyarankan untuk menggantung sangkar burung kenari yang macet pada tempat yang agak tinggi.

(6) PROSES AKHIR

Nah, ini adalah proses akhir yang saya gunakan untuk burung kenari yang macet

Dulu, saya merangsang burung kenari yang macet menggunakan masteran supaya terpancing atau terpicu untuk bunyi.

Ingat baik - baik nih bro saat melakukan masteran. Pilihlah masteran yang suaranya irama, jangan gunakan masteran yang berbasis mental. Maksudnya adalah gunakan masteran kenari yang ngelagu irama, jangan yang ngeroll bersifat nyerang atau tarung, yang ada kenari kalian malah mental dengan masteran yang kalian gunakan.

Ohya, saya hampir lupa, untuk perawatan sorenya tidak ada, cukup kalian keluarkan saja di depan teras sambil di amati bagaimana perkembangan kenari tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, semoga pengalaman saya ini bisa berguna dan ada manfaatnya bagi kalian.

Saya pamit dulu, kita ketemu lagi di artikel saya yang lain. Daaaaaahhhhhh ✋✋

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel