5 Penyebab Kenari Betina Telat Birahi

Hay kawan - kawan jumpa lagi dengan saya di blog penghobi burung. Pada sekmen kali ini saya akan menulis khusus untuk peternak kenari pemula. Apalagi yang sedang memiliki kenari betina yang telat birahi. Padahal si kenari jantan sudah ngebet pengen kawin.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat kenari betina tersebut telat birahi. Jadi untuk yang masih pemula di bidang ternak kenari. Harap maklumin saja karena mengawinkan kenari itu kalau belum tau dasarannya memang sedikit susah.

Pada umumnya kenari bisa langsung di kawinkan tanpa ada perkenalan atau sangkar tempel. Namun semuah itu harus melalu proses dan ada syaratnya. Nanti akan saya bahas sampai tuntas berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Untuk kalian yang ingin memperdalam ilmu dari burung kenari. Sebaiknya kalau mau ternak usahakan dahulu mencari permasalahan. Kendala. Dan trobel nya dari burung kenari tersebut. Biar nanti jika memang benar - benar terjadi penanganannya tidak bikin was was. Misalnya kenari betina yang telat birahi saat mau di kawinkan.

Untuk mengatasinya silahkan kalian baca artikel ini sampai habis dan koreksi dengan cermat. Karena setiap orang memiliki cara dan pengalaman sendiri. Begitupun juga dengan saya karena saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman.

1. Kenari betina masih kurang umur. Atau belum siap. Bisa di katakan juga Perawan

Untuk burung kenari yang masih perawan. Biasanya sangat sensitif terhadap jantan. Kalau kenari betinanya masih siapan biasanya akan tarung dulu secara fisik. Tergantung jantannya berani atau tidak

Beda lagi jika kenari betinanya sudah pernah produk dan bertelur. Tanpa di sandingkan atau sangkar tempel. Melihat atau mendengar kenari jantan bunyi ataupun ngeroll pasti sudah bisa langsung ngeleper karena sudah pengalaman dan birahinya tinggi.

Tapi jika burung kenari betina nya masih perawan. Burung tersebut lebih sensitif karena belum berpengalaman. Nah kalau saran saya. Jika ingin ternak kenari induknya yang sudah mapan saja. Khususnya yang betina. Beli lah yang sudah pernah produk dan pandai mengasuh anak nya.

2. Kenari betina Sedang Mengalami Kram Kaki nya.

Faktor yang seterusnya adalah. Burung kenari betina sedang kram. Enggak hanya manusia saja yang bisa kram burung pun juga bisa mengalami kram.

Kebetulan nih. Saya ada satu pengalaman burung kenari yang saya pelihara suka nebok. Enggak mau naik tangkringan. Secara fisik burungnya terlihat sehat. Tanpa saya sadari ternyata burungnya sesang kram.

Saya paksakan untuk masuk di sangkar ternak. Yang terjadi di area pergelangan sendi mendadak bengkak. Karena mengerami telur yang lumayan banyak.

Saat saya kondisikan. Burungnya menjadi murung dan bisa di katakan hilang birahi. Akibat menahan rasa sakit di pergelangan sendinya. Sebatas saran nih kalau mau beli induk. Lebih baik langsung di peternakan saja. Jangan di postingan. Kalau di postingan banyak sekali oknum yang ngawur. Burung banyak minus tapi bilangnya mulus tanpa cacat.

Kalau di peternakan. Kan enak bisa ngobrol shering. Di pantau langsung. Bila di rasa ada masalah bisa minta garansi. Nah kalau di postingan gimana ???

3. Kenari Betina Kegemukan. 

Kenari kenari betina telat birahi ??? Faktor yang lain. Biasanya di sebabkan karena kegemukan. Logikanya saja jika manusia terlaku obesitas. Pasti rasanya malas ngapa ngapain. Dan hawanya hanya nyantuk.

Begitupun juga dengan kenari. Jika burung kenari terlalu gemuk. Biasanya hanya loncat loncat saja. Ngeriwik dan jarang aktif

Dan pastinya mempengaruhi kualitas birahi dari kenari betina tersebut. Birahi menurun dan hanya cuit cuit saja. Lebih baik di kondisikan dulu. Di jemur atau di masukan di kandang umbaran.

4. Kenari Betina Sedang Kurang Kondisi Atau Sedang Sakit.

Nah. Ini yang sering terjadi, sama seperti saya waktu dulu masih sebagai NewBie

Karena terlalu ambisi. Tidak memperdulikan kondisi induk. Asal main gebuk saja akhirnya mati deh betina saya 😭😭

Yaaaa.. yang namanya sedang sakit pastinya kalau di ajak wik wik. Pasti tidak punya gairah sama sekali, birahinya gak ada atau telat, bulunya hanya gembung dan tidur di waktu siang. Untuk yang ini kalian pasti sudah tau lah. Tanpa saya perjelas juga sudah faham.

5. Kurangnya Vitamin, Kalsium, Protein, Yang Di Butuhkan Induk Kenari.

Nah penyebab kenari betina bisa sampai telat birahi adalah kurangnya kandung penting yang di butuhkan induk burung. Seperti yang sudah saya tulis di atas. Kandungan tersebut berperan untuk menjaga kondisi dan stamina induk kenari betina supaya tidak mudah sakit. Dan kandungan protein yang tinggi mampu untuk membuat birahi pada kenari. 

Sehingga jika induk di pertemukan bisa langsung kawin seperti yang kita harapkan

Kurang lebihnya. Begitulah pengalaman saya. Penyebab di atas saya dasari dengan logika saja. Kalau pake yang aneh aneh yang ada bikin rahim kenari betina kering dan mandul. Akhirnya rugi sendiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel