Cara Mengatasi Kenari Jantan Over Birahi

 Hay kawan jumpa lagi dengan saya di blog penghobi burung. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lagi seputar kenari. Khususnya yang jantan. Karena banyak sekali kawan - kawan yang membahas seputar Cara Mengatasi Kenari Jantan Over Birahi. Jadi simak dan baca artikel ini sampai selesai.



Burung kenari adalah tipikal burung yang sangat sensitif dan mudah sekali birahi. Khususnya untuk kenari jantan. Dan rata rata karakter dari burung kenari jantan ini fighter dan tidak mudah mau mengalah. 

Kenari jantan mudah sekali terpancing emosinya saat ada kenari jantan lain yang bunyi atau mendekati wilayah dari burung yang lebih tua di rumah.

Jika di lihat penjelasan di atas. Memang jelas burung kenari adalah tipikal yang tidak mau kalah dan mudah emosi. Jika di biarkan akan membuat birahi kecil yang lama kelamaan di biarkan. Akan menjadi birahi besar yang sering di sebut OB ( Over Birahi )

Nah. untuk kawan - kawan penghobi kenari saya punya sedikit pengalaman nih dan di sertai sharing dari masternya kenari pula. 

Saya akan membagikan tips dan cara Bagaimana Cara Mengatasi Kenari Jantan Over Birahi.

1. Pakan Cannary Seed Polosan 

Dari yang saya dapat salama saya bermain burung kenari. Salah satu suhu kenari pernah bilang pada saya. Bahwa biji cannary seed polosan adalah sebagai penetral burung kenari. Tapi kalau untuk burung lovebird lain lagi ceritanya. Malah akan membuat birahi.

Untuk pakan yang murni polosan saja. Jangan pake pakan racikan. Apalagi bila di tambah dengan milet merah. Malah makin birahi jadinya. Kalau saran saya untuk menurunkan birahi kenari jantan gunakan cannary seed yang polos. 

2. Hindari EF Berlemak

Maksud saya adalah untuk jangan memberi kenari pakan yang berlemak. Misalnya seperti telur puyu dan jagung manis.

Nah. Pakan berlemak seperti yang saya sebut di atas adalah pakan yang mengandung protein yang tinggi atau berlebihan. Efeknya burung akan kegemukan dan birahinya juga gak karuan. 

3. Hindari Penjemuran

Untuk burung kenari jantan yang sedang over birahi. Kalau saran saya sebaiknya jangan di jemur dahulu. Lebih baik di kondisikan saja terlebih dahulu. Apalagi burung tersebut sering di buat gantangan 

Penjemuran untuk burung yang sedang OB hanya akan membuat emosi saja. Jika emosinya tinggi biasanya birahinya juga akan ikut tinggi. 

Jika kalian tidak percaya. Boleh di coba dan di praktekan langsung pada burung kalian. Jika birahinya tinggi dan emosinya tinggi maka bulu halus burung kenari akan rontok dan berjatuhan. Karena burung sedang tidak kondisi di tambah lagi penjemuran. Yang terjadi adalah suhu tubuh kenari menjadi gak karuan yang ada emosi campur panas. Yang akhirnya menjadikan mbulat mbulat 😁

4. Konsisten Mandi Pagi Dan Sore

Kenari jantan jika sedang over birahi peredamnnya adalah mandi basah 😁

Mengapa saya menyarankan untuk mandi pagi dan sore????

Mandi pagi untuk menetralkan suhu tubuh kenari. Karena udara sejuk dan embun yang masih alami. Mampu untuk mengatasi kenari jantan yang sedang over birahi. Burung tidak mudah setres dan tetep gacor.

Sebaliknya mandi sore. Gunanya untuk membuat burung tenang. Nyaman nih ya saya kasih sedikit logika. Jika kalian habis mandi sore, pasti langsung di depan tv dan pastinya juga. Nyemil sampai ketiduran 😁 itu tandanya kalian sedang nyaman dengan keadaan tersebut.

Begitupun juga untuk burung kalian. Bukan burung yang di sarung yaa hehee 

5. Asingkan Dulu Dan Full Ablak

Yang terakhir nih. Burung kenari jantan yang sedang over birahi. Saya sarankan jangan di krodong dulu. Supaya burung lebih leluasa melihat pemandangan kampung halamannya. Jika masih di krodong biasanya burung akan emosi.

Untuk sementara waktu. Kenari jantan yang lagi OB di jauhkan dulu dari burung kenari yang lain. Khususnya untuk kenari betina

Itu akan membuat kenari kalian semakin birahi. Yang akhirnya kenari kalian bunyinya malas. Atau pendek pendek.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel