Cara Meningkatkan Nafas Burung Kenari Supaya Panjang

Bagi sebagian besar para penggemar kicau mania. Khususnya kenari hal yang sangat di inginkan adalah mempunyai suara yang lantang saat berkicau dan durasi yang sangat panjang saat di ikutkan di berbagai perlombaan agar bisa menang.

Burung kenari mempunyai suara khas seperti tembakan yang akan membuat mental lawannya menjadi drop dan kehilangan jati diri dari burung itu sendiri.



Namun untuk penggemar kenari. Hal yang harus di perhatikan supaya bisa memiliki nafas yang panjang dan tidak mudah drop. Perawatan harian serta settingan yang tepat harus di ikut sertakan agar burung kanari anda semuah tidak mudah kalah. Meskipun kalah durasi namun tidak mengakibatkan burung tersebut mengalami stres.

Jujur saya pribadi pernah mengalami hal yang seperti itu. Saat saya masih sangat awam dan pemula. Katakan saja saya hanya ikut ikutan. Burung kenari yang saya lombakan kalah dan mentalnya drop dan macet bunyi.

Lalu salah satu teman saya memberikan beberapa settingan dan cara bagaimana cara merawat burung kenari supaya tetepa gacor meski kalah di arena lomba.

Setelah saya terapkan dan ternyata manjur juga. Saya mau berbagi beberapa cara tersebut melalui artikel ini saya mau berbagi.

#1. Kandang yang luas

Jika kalian ingin memiliki burung kenari yang bernafas panjang. Cobalah kalian menggunakan kandang yang lumayan luas. Misal kandang yang kalian gunakan adalah ukuran 30x30 coba kalian ganti dengan ukuran 40x45.

Kandang yang lumayan luas memungkinkan burung kenari akan leluasa untuk bergerak dan terbang kesana kesini. Itu sudah otomatis akan melatih nafas dari burung kenari itu sendiri. 

#2. Umbaran

Burung kenari yang memiliki nafas panjang akan menjadi kebanggan sendiri bagi pemiliknya. Sebab jika di lombakan. Durasi yang akan di maninkan dari burung kenari tersebut akan menentukan poin yang di dapatnya pula.

Dengan melatih burung kenari kalian di kandang umbaran. Nafas yang asal mulanya pendek. Akan bisa terlatih dan tidak akan mudah ngos - ngosan

Sebab burung akan terbang kesana kesini dengan leluas dan keinginannya sendiri. Dengan kandang umbaran mental burung juga akan terlatih dan tidak akan mudah drop saat berkicau di depan juri dan triakan banyaknya orang yang ikut lomba.

#3. Penjemuran

Kalian sebagai pemilik burung kenari tersebut. Pastinya akan bisa melihat burung mana yang memiliki nafas yang panjang dan mana yang pendek

Dengan penjemuran kalian bisa melihat dan membedakan. Kenari yang memiliki nafas yang pendek. Sangat tidak suka dengan kepanasan jika kalian jemur agak lama. Pastinya akan terasa ngos ngosan. 

Dengan begitu kalian bisa melatih durasi penjemuran burung kenari kalian. Misalnya kalian menjemur biasanya hanya 5 menit. Coba kalian tambah menjadi 10 menit dan seterusnya.

Menjemur burung. Mampu untuk melatih nafas burung supaya stabil sebab dari panas sinar matahari sendiri. Burung akan mengatur pernafasannya jika terasa panas.

Namun kalian harus tetap memantau dan mengamati burung tersebut. Jika di rasa burung tidak kuat mandikan burung dan angin anginkan supaya suhu dari badanya tidak terlalu panas.

#4. Terapi sauna burung


Sebenarnya cara ini sangat beresiko untuk di lakukan. Burung akan di jemur menggunakan sangkar tetap di krodong. Jika kalian menggunakan terapi sauna. Saya sarankan untuk selalu memantau burung tersebut.

Sebab tingkat panas yang akan hasilkan akan 2x lipat dari penjemuran tanpa krodong. 

Burung yang di dalam sangkar akan di tutup dengan krodong yang basah dan di jemur di panas sinar matahari langsung. Jika kalian tidak mengawasi dan tidak memantau saat menggunakan terapi ini resiko yang akan kalian dapat juga besar. Seperti setres, rontok bulu permanen. Bahkan kematian. Sebab panasnya di dalam sangkar sungguh luarbiasa yang akan membuay burung deidrasi dan kehabidan cairan.

Namun jika berhasil. Manfaat sauna sangat luar biasa. Selain mampu meningkatkan nafas burung menjadi panjang. Terapi ini mampu untuk meningkatkan emosi dan mental burung menjadi baja.

Jadi untuk menggunakan terapi ini kalian harus mikir 2x sebelum melakukannya. Untuk melatih terapi sauna pada burung kalian sebaiknya krodong harus di buka setengah biar burung yang belum terbiasa di terapi sauna tidak kaget.

Tujuannya biar serkulasi udara masih bisa masuk dalam sangkar agar burung tidak terlalu kepanasan.


Demikianlah dari saya. Semoga cara di atas bisa bermanfaat buat kalian semuah. Jika ada pertanyaan yang ingin kalian tanyakan tentang cara di atas. Silahkan berkomentar di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel