CUCAK IJO: rawatan khusus saat mabung


baru saja saya membeli cucak ijo, masih bahan sih namun harganya sudah lumayan sekitar 850 ribu, potong bensin 2liter. sesampainya di rumah eh malah mabung, yaa akhirnya saya buat artikel ini siapa tau bermanfaat buat kalian yang membaca di blog saya ini.

di artikel kali ini, saya akan membahas tentang rawatan cucak ijo yang sedang mabung, jadi simak artikel ini mulai awal sampai akhir.

Rawatan Khusus Cucak Ijo Yang Sedang Mabung/Sulam

setiap unggas akan mengalami proses, atau fase mabung, dimana proses tersebut melibatkan bulu besar atau bulu harus akan rontok dengan sendirinya, karena fase ini datang secara alami.

tak terkecuali untuk burung, terutama yang akan kita bahas ini, yaitu adalah cucak ijo, burung yang hampir berwarna hijau dengan janggut hitam ini, memiliki beberapa prawatan khusus saat mabung.

karena burung yang satu ini, memiliki tingkat rentan yang sangat tinggi, sehingga mengapa saya bilang ada perawatan khusus. apalagi jika burung terebut sering mengikuti aktifitas lomba, jadi kalian harus berhati - hati dalam merawatnya.

1. Full Krodong Burung Tersebut

langkah awal yang bisa kalian siapkan adalah krodong, kelihatannya sepele namun ini sangat penting, bagi saya, krodong tidalah hanya sebatas kain penutup sangkar burung, fungsinya sangat banyak, dan salah satunya adalah sebagai alat untuk mengondisikan cucak ijo yang sedang mabung.

saran saya, gunakan krodong yang agak tebal, mengapa? tujuannya supaya cucak ijo tersebut bisa lebih fokus dengan perontokan bulu yang sedang dialami.

apabila kalian menggunakan krodong yang trawang, yang di kuatirkan cucak ijo merasa terganggu dengan aktifitas kita, yang terpenting lagi cucak ijo tersebut tidak mudah kaget saat tiba - tiba ada seseorang yang muncul. 

jadi, saya merekomendasikan krodong yang agak tebal sedikit, supaya cucak ijo tidak mudah melihat di sekelilingnya, dan lebih fokus dengan bulu yang rontok.

2. Apakah Cucak Ijo Mabung Butuh Dimandikan?

memandikan cucak ijo saat mabung, sifatnya opsional, namun kalian bisa menyiapkan cepuk besar atau batok kelapa untuk cucak ijo.

urusan mandi, biarkan ia mengondisikan dirinya sendri, siapkan saja cepuk besar atau batok kelapa yang terisi air bersih, mau mandi atau tidak, itu serserah karena kondisi saat mabung hanya cucak ijo tersebut yang tau.

3. Hindari Penjemuran

cucak ijo yang sedang mabung, membutuhkan energi dan sumber tenaga yang sangat banyak. jika kalian paksa untuk jemur, yang ada cucak ijo tersebut kehabisan tenaga akibat sengatan matahari

selain itu, penjemuran pada cucak ijo yang sedang mabung dapat menghambat tumbunya bulu baru, jadi saya sarankan untuk tidak menjemur cucak ijo yang sedang mabung, biarkan burung tersebut istirahat total.

4. Makanan Cucak Ijo Yang Sedang Mabung

enggak usah aneh - aneh, cucak ijo yang sedang mabung cukup kalian beri pisang saja. untuk EF biasanya saya menggunakan jangkrik 5 ekor, pagi dan sore, untuk 2 hari sekali saya tambah ulat hongkong 2 ekor saja. 

5. Jauhkan Dari Cucak Ijo Yang Lain

nah, disinilah perawatan khususnya, cucak ijo terkenal dengan over fighter nya, meskipun mabung burung satu ini masih sempat bisa jamtrok dan hyper saat mendengar suara cucak ijo lain.

sebab, saya sendiri memiliki cucak ijo dengan krakter tersebut, yang akhirnya membuat burung cucak ijo saya tidak fokus dengan masa mabungnya. 

jika kalian memiliki cucak ijo lebih dari satu di rumah, saran saya pisahkan burung cucak ijo yang sedang mabung sejauh jauhnya, tempatkan di lokasi yang sepi, supaya cucak ijo yang lagi mabung bisa lebih fokus dengan fase mabungnya. intinya mabung adalah masa istirahat bagi burung.

apabila cucak ijo yang mabung tersebut masih mendengar suara dari cucak ijo lain dan meresponnya. yang di kuatirkan malah mengganggu rontoknya bulu, atau tumbuhnya bulu baru, dan malah timbul birahi.

6. Memaster Cucak Ijo

ada banyak sekali masteran yang bisa di gunakan untuk cucak ijo, namun yang sekarang ini lagi ramai di tempat saya adalah, masteran cucak ijo dengan suara kutilang/gentilang yang mau tidur.

suara kutilang yang mau tidur, sangat efektif untuk cucak ijo, karena dapat membuat mental lawan drop saat di arena lomba.

mumpung lagi mabung, kalian bisa memaster cucak ijo tersebut, karena saat mabung tingkat fokus cucak ijo meningkat 2x lipat, jadi lebih mungkin masteran itu tersaring oleh cucak ijo.

Tambahan

setiap orang mungkin memiliki cara masing masing, dan artikel ini saya tujukan untuk shering, saya tidak berniat mengajari atau menggurui, jika kalian ada tips dan perawatan seputar burung, bisa shering dengan saya, yang nantinya akan saya dokumentasikan pada blog ini. terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel