cara merawat murai batu yang sedang mabung dengan benar - untuk hobi

 


Mabung adalah sebuah siklus atau fase alami yang akan terjadi pada setiap unggas, siklus ini akan terjadi beberapa kali dalam setahun.

Fase mabung, sering terjadi kepada burung, terutama pada burung yang akan kita bahas ini, yaitu adalah murai batu. Dan bagaimana cara merawatnya.

Saat dialam liar, ketika murai batu sedang mengalami mabung, ia akan merawat dirinya sendiri, namun bagaimana jika burung tersebut ada dalam sangkar?

Untuk murai batu yang sering mengikuti aktifitas lomba, hal ini harus dengan segara di kondisikan, biasanya burung yang sedang mabung akan mengurangi semua aktifitasnya, termasuk berkicau. Jadi merawat murai batu yang sering dilombakan harus berhati hati.

Ciri - Ciri Murai Batu Akan Mabung

Adapun cara mengetahui murai tersebut akan mengalami mabung:

  • Kurang Aktif
  • Bulu Selalu Digembungkan
  • Burung mulai malas untuk Berkicau
  • Bulu berjatuhan beberap helai
  • Lebih suka diam
  • Bulu halus berjatuhan

Jika burung murai kalian mengalami hal yang saya sebutkan diatas, itu tandanya murai tersebut akan mengalami proses mabung. Jadi rawatlah secara optimal.

Cara Merawat Murai Batu Yang Sedang Mabung Secara Benar

Penghobi kicau, sebenarnya memiliki perawatan masing - masing, mereka tau bagaimana cara memperlakukan burung murai yang sedang mabung. Namun jika kalian masih awam, ikuti cara yang akan saya bagikan untuk kalian.

1. Full Krodong

Fase mabung adalah proses yang membutuhkan banyak tenaga bagi burung tersebut, artinya mabung adalah istirahat sejenak bagi aktifitas burung.

Gunakan full Krodong, biarkan burung tersebut istirahat dan fokus dalam perontokan bulu.

Jika kalian ingin membuka krodong, itupun saat pemberian pakan atau EF saja, jika sering di buka dan murai tersebut terganggu, yang di kuatirkan malah jadi gagal untuk mabung. Karena proses ini adalah hal penting untuk burung tersebut.

2. Apakah Di Mandikan?

Pemandian untuk murai batu yang sedang mabung, sifatnya opsional kalian bisa memberinya sebuah cepuk yang agak besar di dalam sangkar.

Biasanya, jika cepuk air di ganti dengan yang bersih, murai batu langsung mandi di cepuk tersebut.

Dari beberapa pengalaman yang saya dapat, meskipun mabung, murai batu tetap mandi di cepuk air apabila cepuk tersebut airnya bersih atau habis di ganti.

Jadi, untuk urusan mandi, sediakan saja cepuk besar, urusan mandi atau tidak biarkan burung tersebut yang mengondisikan tubuhnya sendiri, jangan di paksa.

3. Tanpa Jemur

Penjemuran murai batu yang sedang mabung, hanya akan membuat bulu menjadi kaku dan keras, jika kalian memaksa untuk menjemur, yang di kuatirkan malah akan membuat murai batu tersebut menjadi gagal mabung.

Jika bulu burung bagian dalam kaku dan keras, hanya akan menambah tubuh burung tersebut jadi sakit, dan perontokan bulu tidak lancar.

Saya mendapat pengalaman dari teman yang suka melombakan murai, jika bulu kaku dan keras pada murai yang mabung, bagian bulu yang akan copot terasa gatal, dan dapat mengakibatkan setres.

4. Pemberian pakan & EF

yaa, sekarang ini sedang trend dan ramai orang menggunakan voer lele untuk pakan kacer atau murai batu, karena irit dan murah, 12ribu udah dapat banyak, namun penggunaan voer lele untuk burung, misalnya seperti murai batu, itu hanya akan menghambat proses mabung.

dari pengalaman yang saya alami sendiri, voer lele hanya akan membuat bulu burung menjadi kaku, layaknya sapu lidi, mulai dari trotol sampai usia 9bulan murai saya tidak kunjung mabung, jadi meskipun dewasa bulunya masih kayak trotol terus. gunakan saja voer yang layak untuk burung, banyak di jual di toko pakan burung.

untuk EF, saya sarankan untuk menggunakan jangkrik, UH, atau kalau bisa belalang yang hijau, kalian bisa mencarinya di area persawahan, kalau tidak di semprot petani hehee

apakah kroto di anjurkan? boleh saja tetapi jangan sering - sering, para peternak murai mengatakan, bahwa pemberian kroto yang berlebihan pada murai yang sedang mabung, hanya akan menghambat proses perontokan bulu.

selain itu, ktoto juga dapat membuat over birahi, jadi kurangi pemberian ktoro saat murai batu kalian sedang mabung.

5. Mandikan Sampai Basah Kuyup Jika Rontok Bulunya Tidak Maksimal

dari pengelaman saya sendiri, waktu memelihara murai KL dan kacer, proses rontoknya bulu tidak maksimal, akhirnya saya terpaksa memandikan burung tersebut malam hari sekitar jam 8 malam.

pemandian saya tambahkan shampo khusus burung, supaya bulunya basah merata, setelah itu langsung saya krodong, sela 2 hari saya tengok lagi, dan akhirnya ambrol semua dan maksimal.

mungkin bagi teman - teman bisa di praktekan apabila murai batu kalian yang sedang mabung, namun tidak maksimal supaya tidak terlalu memakan waktu yang lama.

6. Tempatkan Murai Batu Di Tempat Yang Sesuai

meskipun mabung, usahakan di kondisikan sepenuhnya, apabila kalian memiliki murai batu lebih dari 1 dalam satu rumah, usahakan di jauhkan, yang di kuatirkan, nantinya akan trek dan mengganggu proses mabung murai yang satunya.

usahakan gantung sangkar di tempat yang khusus, biarkan burung terebut  tenang istirahat secara total

7. Pemasteran Burung

saat mabung, murai batu akan lebih fokus 2x lipat, ini bisa kalian manfaatkan untuk melatuh dan mengisi materi murai tersebut.

namun, pemasteran tetap harus di perhatikan, gunakan audio masteran yang sifatnya tidak trek atau menyerang, namun ada cara jitu untuk memaster murai batu saat mabung supaya tidak timbut trek atau saling serang dengan audio MP3.

  • 1. gunakan krodong yang agak tebal, fungsinya untuk sedikit meredam suara mp3
  • 2. gunakan ruangan khusus
  • 3. masteran bisa di mulai sekitar jam 7 malam, atau habis is'ya
  • 4. gelapkan ruangan tersebut, supaya nantinya tidak trek dengan mp3, dan murai bisa lebih fokus menyerap masteran
  • 5. gunakan masteran andalan kalian, usahakan dengan vol yang lirih

Kesimpulan

artikel ini sifatnya shering, saya tidak merasa menggurui atau mengajar apabila kalian memiliki perawatn yang lain, bisa shering dengan saya, nantinya akan saya dokumentasikan di blog ini.

itulah pengalaman saya, tentang bagaimana saya merawat murai batu yang sedang mabung, semoga artikel ini bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat buat kalian, terimaksih sudah berkunjung selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel