cara mengembalikan mental cucak ijo yang drop


selamat datang kembali para kicau mania, di artikel kali ini saya akan berbagi tentang cara mengembalikan mental cucak ijo yang drop baca terus artikel ini mulai awal sampai akhir supaya paham dan tidak ada kesalah fahaman pengertian.

sahabat kicau mania, pastinya akan bingung dan sedih sekali apabila burung cucak ijo nya mengalami drop mental hingga hilang tingkat fighter, biasanya keadaan seperti ini di sebabkan cucak ijo kalah lomba dan bertemu lawan yang lebih gacor, lebih hyper, dan biasanya kalau dirumah sering bertemu dengan cucak ijo yang usianya lebih tua.

maka dari itu kita harus memulihkan mentalnya dan meningkatkan fighter nya dengan rawatan harian yang rutin

RAWATAN CUCAK IJO YANG DROP MENTAL ATAU HILANG FIGHTER

sebelum kita mulai, alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu penyebab burung cucak ijo kita bisa drop dan bahkan sampai hilang fighter nya, supaya kita mengetahui rawatan dan terapi yang cocok untuk cucak ijo tersebut.


Pengembunan rutin burung cucak ijo

ok, untuk terapi cucak ijo yang drop mental, kita mulai antara jam 5-6 pagi untuk melakukan aktifitas pengembunan, karena pengembunan bermanfaat untuk memancing cucak ijo bersuara lantang kembali dan untuk menyegarkan tubuh cucak ijo.

kemudian langsung lakukan penjemuran antara durasi 10-15 menit saja, karena kondisi burung sedang tidak setabil, jika di paksa dengan durasi penjemuran yang lama, di kuatirkan malah bikin burung rontok bulu.

Terapi mandi cucak ijo

untuk burung cucak ijo yang sedang mengalami drop mental, atau bahkan sampai hilang fighter pemandian harus kita sertakan, pokoknya cucak ijo yang akan kita proses harus kita manjakan terlebih dahulu, dan kita seimbangkan antara mandi dan jemur.

pemandian bisa menggunakan karamba atau cepuk besar dan biarkan burung tersebut mandi sendiri, atau bahkan kalian semprot dengan sprayer, tergantung metode kalian masing masing.

setelah burung mandi, gantung burung di tempat yang aman dan aman, kalau saran saya gantung burung yang bermasalah tersebut di bawah pohon agar burung bisa lebih tenang, biarkan burung cucak ijo tersebut didis sepuasnya.

Pemberin pakan dan EF (Exstra fooding) cucak ijo 




kunci untuk mengembalikan fighter burung cucak ijo ada di pemberian pakan dan EF, di sini saya sarankan untuk menggunakan jangkring yang biasa saja, namun kita tambah untuk porsinya. misalnya hariannya kalian beri jangkrik pagi 2 dan sore 2 kalian tambah porsinya untuk pagi 5 sore 5 itu kalian kalukan selama 1 minggu

lalu untuk minggu ke-2 kalian turunkan porsinya menjadi pagi 4 sore 4 lalu untuk minggu selanjutnya kalian kurangi lagi porsi jangkriknya, hingga kembali ke settingan awal.

jangkring mengandung banyak protein, jika kebutuhan protein tercukupi maka secara otomatis akan terbentuk power dari cucak ijo tersebut, selain itu emosi burung juga akan terbentuk dengan sendirinya 
suara burung juga akan kembali lantang dan drop mental atau hilang fighter akan segera pulih

selain jangkrik, ada juga pakan yang mengandung protein yang lebih tinggi, yaitu kroto namun untuk pemberian kroto harus ada takarannya, jika tidak yang di kuatirkan burung menjadi over birahi akibat kebanyakan protein.

LARANGAN AKTIFITAS CUCAK IJO YANG DROP MENTAL ATAU HILANG FIGHTER

pokoknya untuk mengembalikan kondisi burung cucak ijo yang sedang drop mental atau hilang fighter kalian harus memanjakan terlebih dahulu burung tersebut, perlu kalian ketahui untuk cucak ijo yang dalam proses terapi jangan kalian lakukan sauna atau kalian umbar terlebih dahulu.

apabila di sauna atau di umbar cucak ijo bisa tambah setres, langkah yang terbaik kalian tenangkan dulu kalian istirahatkan terlebih dahulu cucak ijo yang drop mental itu.

nah, ada lagi nih cucak ijo yang sedang dalam proses terapi, jangan kalian perlihatkan terlebih dahulu pada cucak ijo yang lain apalagi sampai kalian treck, yang terjadi bisa menambah buruk drop mentalnya 

jika kalian ingin melihat perkembangan burung tersebut, kalian bisa memutarkan MP3 atau suara burung cucak ijo lain dari kejauhan supaya merangsang burung cucak ijo yang drop mental tersebut mau berkicau dengan lantang lagi dan memancing emosi burung tersebut muncul kembali.

MELATIH MENTAL DAN MEMANCING EMIOSI CUCAK IJO YANG DROP 

jika kondisi burung sudah di rasa stabil dan normal kalian bisa melatih kembali mental burung cucak ijo tersebut, namun saran saya jika kalian ingin membawanya di gantangan sebainya jangan dulu di gantangkan, kalian kondikan terlebih dahulu kalian adaptasian dulu burung cucak ijo tersebut

kalian bisa mengajaknya di area gantangan dengan sangkar tertutup krodong, biar mentalnya terbentuk dahulu dan emosinya agar muncul kembali. apagila burung cucak ijo kalian sudah terbiasa dengan suasana lomba cucak ijo kalian sudah siap di lombakan lagi.

PENUTUP

setiap penghobi burung cucak ijo memiliki cara dan metode sendiri - sendiri, begitupun dengan saya, yang saya bagikan memalu artikel singkat ini, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi sumber solusi dan referensi yang tepat. jumpa lagi di artikel saya yang lain selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel