Tips Rawatan Kenari Agar Rajin Bunyi

 Hay teman teman, selamat datang dan jumpa lagi di blog saya. Mungkin kali ini saya akan membahas tentang bagaimana supaya burung kenari jantan mau bunyi dan ngeroll.

Nah, untuk kalian yang sedang mencari solusi, supaya kenari kalian mau bunyi, khususnya untuk kenari bakalan, gak ada salahnya untuk menyimak penjelasan saya.

Saya penghobi kenari sudah hampir 5 tahun, karena saya juga seorang peternak kenari, jadi mungkin untuk kalian yang masih pemula, gak ada salahnya untuk menyimak,

Di artikel ini saya tidak mencoba atau niat untuk sebagai guru, tetapi lebih tepatnya saya ingin berbagi ilmu yang saya punya, mungkin saja bermanfaat.

Untuk burung kenari supaya mau bunyi dan gacor, ada beberapa tahap yang harus di lakukan. Rawatan burung kenari itu mudah dan simpel, tidak seribet burung ocehan.

Karena kenari, sifatnya lebih mudah untuk adaptasi dengan pemilik dan lingkungan sekitarnya.

Supaya burung kenari tersebut mau bunyi, ada beberapa perawatan yang mungkin bisa kalian coba, tebih tepatnya saya bilang bunyi saja yaaa kalau bilang gacor mungkin terlalu berkesan muluk muluk dan berlebihan.

Oke kita lanjut. Ini adalah beberapa cara supaya burung kenari mau bunyi.

Tritmen dan perawatan yang konsisten adalah kunci utama supaya burung kenari kalian mau rajin bunyi. Yang paling penting adalah. Terapkan "KESABARAN" kalian saat merawat burung.

1. Naikan Birahi Kenari Supaya Rajin Bunyi.

Setiap burung, entah itu Lovebird, Kacer, murai, c.ijo dll akan rajin bunyi saat birahinya naik. Tapi kalau down hanya akan ngeriwik saja.

Birahi ini fungsinya untuk menambah tingkat fighter dan gairah pada burung tersebut. Bila saat birahi sedang naik. Tingkat tarungnya akan meningkat dan ngotot.

Tapi menaikan birahi juga ada sisi negatifnya. Sebab kalau melihat musuh atau lawan. Biasanya akan menonjolkan sifat buruk, seperti ngering, nabrak sangkar, gembung, dll

Jadi bila kalian menerapkan cara ini. Sebaiknya di praktekan pada burung rumahan saja. Sebagai teman ngopi atau sekedar buat bunyi biar rumah tidak sepi.

Kalau di buat main di gatangan. Sebaiknya kalian turunkan birahinya,

2. Perawatan seperti mandi dan jemur.

Saya hampir mengamati setiap jenis burung, tidak hanya kenari saja, seperti murai, lovebird, Kacer, dan perkutut. Dan burung tersebut rajin bunyi hanya dengan perawatan yang simpel. Yaitu biarkan mandi sendiri.

Kenari jika mandi sendiri, lebih merasa nyaman, kebalikannya bila di paksa semprot justru hanya akan membuat burung kelabakan, yaaaaa semua itu tergantung juga dari karakter burung. Intinya bila mau mandi sendiri. Biarkan kenari tersebut mandi dengan cepuk besar yang sudah di sediakan.

Untuk penjemuran, sebenarnya kenari tidaklah tipe burung yang yang doyan panas, kalau saya biasanya hanya di jemur sebentar. Bulu burung keris lalu angkat di angin angin kan saja.

3. Pakan Pokok Dan EF

Pakan pokok yang biasa saya gunakan adalah pakan racikan tanpa bumbu. Misalnya: cannary seed, biji sawi, Niger, Milet merah, dan Milet hitam. Untuk kenari saya tidak pernah menggunakan mileh putih karena jarang doyan.

Bagi saya, pakan racikan seperti di atas, sudah mampu untuk mendongkrak stamina burung. Karana pakan tersebut sudah membuat kenari kalian menjadi ngotot dan josss..

Untuk pakan tambahan seperti EF. kalau untuk harian saya merekomendasikan dengan sawi putih saja. Karena sifatnya netral, tidak membuat burung birahi tinggi.

Tapi kalau untuk lomba. Bisa jalanin berikan apel merah, buah Veer, atau telur puyuh. Buat mendongkrak kenari kalian saat di gatangan.

4. Vitamin

Burung kenari bisa di katakan burung yang sedikit ringkih, kalau salah memilih vitamin yang kurang pass dan tidak cocok, malah membuat suara kenari kalian menjadi serak dan pelo.

Vitamin yang sering saya gunakan hanyalah produk dari edood, bukannya saya promosi tapi saya emang sudah membuktikannya.

Kalau menggunakan minyak Fumayin atau metabolisme. Untuk harian kurang pas. Vitamin tersebut di gunakan saat sehabis mabung atau macet akibat stres saja.

Kalau di gunakan setiap hari yang ada malah bulu kenari jadi rontok parah dan ambrol.

5. Pancingan Atau Perangsang bunyi.

Mungkin ini yang terakhir. Supaya burung kenari kalian rajin bunyi. Berikan pancingan atau Perangsang supaya burung mau merespon

Kalau di beri pancingan seperti MP3 atau sesama burung. Jika merespon sudah pasti burung tersebut memiliki mental yang bagus
Dan berpotensi untuk naik gatangan.

Kalau di pancingan dengan betina. Yang ada malah ingin kawin. Setelah di kawinkan malah pelo Bahakan bisa macet.

Sebenarnya perawatan di atas adalah perawatan sederhana layaknya merawat burung biasa.

Namun yang membuat spesial adalah. Konsisten dan sabar. Perawatan apapun itu kalau tidak di dasari dengan konsisten dan kesabaran. Yang ada malah bosen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel