Pengalaman !!! Cara Saya Ternak Perkutut Sebagai Pemula

 Hay sahabat kicau mania pada artikel kali ini. saya akan membahas seputar bagaimana cara menangkarkan burung perkutut. Yaa meskipun saya juga tergolong pemula.

Tapi saya sudah membuktikan bahwa perkutut yang saya tangkarkan berhasil bertelur dan menetas 1 ekor 


Disini saya tidak mencoba untuk menggurui atau mengajari tetapi lebih tepatnya saya berbagi ilmu dan pengalaman karena saya juga masih pemula dalam dunia perkutut.

Untuk indukan perkutut lebih baik kalian menggunakan yang lokal saja dulu. Kalau sudah tau karakter dan sifat - sifatnya kalian bisa saja beralih ke - bangkok atau warna. Intinya gunakan jenis lokal saja dulu untuk belajar.

Ternak perkutu tergolong susah. Kenapa?? Meskipun sudah jodoh dan suka bercumbu belum tentu juga mau kawin. Dan yang saya alami meskipun kawin belum tentu juga mujur mulus seperti yang di harapkan.

Tetangga saya mencoba ternak perkutut dengan jangka waktu sekitar hampir 1 tahun baru produksi 1x

Jika kalian ingin ternak perkutut saya akan ngobrol sedikit dengan kalian. Yang jelas ini adalah pengalaman sendiri. Bukan comot dari artikel orang lain melainkan yang saya buat artikel ini asli pengalaman pribadi yang akan saya bagikan supaya nantinya kalian bisa menambah wawasan melalu apa yang sudah saya lakukan. Oke

Mela

Apa yang harus di lakukan untuk bisa ternak burung perkutut

Bururng perkutut sebenarnya bisa di ternakan dengan sangkar gantung. Kalau soal itu tergantung selera yaa..

Kalau ingin ternak perkutut yang harus di siapkan adalah

■ Kandang yang tidak terlalu sempit

■ Lokasi Untuk Ternak

■ Pakan Yang Mengandung Birahi

■ Indukan Perkutut

■ Vitamin Burung

1. Kandang atau sangkar ternak

Yang pertama ini saya akan membahas tentang ukuran kandang terlebih dahulu. Kalau saya menggunakan ukuran kandang 50p x 80L kalau untuk 1 indukan tidak terlalu sempit dan masih bisa leluasa

Kalian juga bisa menggunakan kandang ternak untuk lovebird kalau ingin mencoba 1 indukan terlebih dahulu

Nah kalau kalian minim lokasi. Gunakan saja sangkar gantung yang ukurannya 

50 x 50 atau 30 x 40 ukuran kandang segitu sudah pas untuk 1 indukan

2. Lokasi untuk ternak

Ada 2 tipe lokasi yang akan saya bahas di sini. Supaya burung perkutut mau kawin dan produksi. Tipe yang pertama adalah lokasi yang minim keramaian atau agak sepi. Lokasi yang seperti ini biasanya untuk induk yang sepasang - sepasang 

Burung perkutut itu kalau di tangkarkan dengan cara pasangan saya sarankan untuk lokasi yang agak sunyi. Biar tidak terganggu. Kalau di paksa di tempat ramai biasanya perkutut tersebut hanya bercumbu dan saling lolohan saja

Nah yang tipe 2 adalah tempat yang agak ramai. Kok gitu ???  Katanya harus agak sunyi. Gimana sih ??? Tenang boss saya belum selesai jelasinnya. 

Jadi gini untuk tipe yang ramai ini saran saya untuk burung perkutut yang koloni. Sebab mereka akan nyaman karena banyak teman. Meskipun begitu di bagian sarangnya harus di tutupi pake kardus atau semacamnya. Supaya induk betina tidak terganggu saat proses pengeraman.

3. Soal pakan

Nah untuk teman - teman kung mania yang masih pemula seperti saya. Pasti agak bingung nih bagaimana cara menaikan birahi burung perkutut. 

Saya ada saran nih. Ya itu dengan pakan racikan. Untuk bumbunya kalian pergi ke toko jamu. Carilah jamu yang mengandung tribulus. Biasanya ada pada KUKUBILA TL. Cara meraciknya kalian rendamkan saja milet putih pada jamu KUKUBIMA tersebut sekitar 1 x 24 jam supaya meresap sempurna

Jika sudah di rendam. Langsung di jemur jangan di sangrai. Ingat ini pengalaman saya kalau di sangrai di bagian bawah wajan akan ngerak hitam. Dan kerak tersebut adalah jamu yang tadinya buat ngerendam milet. Sia sia kan kalau nempel pada wajan.

Kenapa harus jamu yang mengandung tribulus??? Sebenarnya tribulus ini untuk meningkatkan hormon manusia. Serta dapat membantu pembentukan otot para binaragawan. 

Jika sudah mengonsumsi tribulus tingkat hormon kan meningkat dan burung akan selalu sergairah. Seakan akan ingin wik wik terus menus.

Untuk asinannya saya juga racikan broo. Bukan hanya batu bata saja. Melainkan batu bata yang sudah di tumbuk halus, lalu tambahkan sedikit garam lalu aduk sampai rata. 

4. Pemilihan induk perkutut

Nah jika penjelasan di atas sudah di fahami selanjutnya saya akan bahas pemilihan induk. Untuk pemula kalian bisa beli induk yang sudah pernah produksi. Biasanya di postingan facebook banyak.

Kalau kalian mau menjodohkan sendiri belum juga mau jodoh. Kalau pake siapa malah kelamaan. Biar cepet belin induk yang sudah pernah produksi saja. Biar cepet dan tinggal nerusin saja.

5. Vitamun burung

Meskipun perkutut terkenal dengan jamu namun saja juga masih menggunakan vitamin yang di produksi oleh pabrik. 

Kalau saya menggunakan ebood vit dan ebood breding. Selama saya menggunakan vitamin tersebut bulu burung tidak mudah rontok. Entah bener atau tidak tapi kenyataannya seperti itu

Tujuan lainnya adalah supaya burung tidak mudah sakit. Apalagi perkutur itu rentan terkena penyakit lumpuh.

Ini adalah pengalaman saya sendiri. Sampai sekarang saya masih menggunakan pedoman di atas. Untuk ternak perkutut. Percaya atau tidak terserah kalian sendiri.

Saya rasa cukup sekian. Semoga artikel ini bermanfaat buat yang mencari informasi seputar cara ternak perkutut. Saya pamit duluu daaaaaahhhh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel