Cara Merawat Burung Kenari Saat Mabung

Mabung adalah proses perontokan bulu yang di alami pada sejumplah unggas terutama burung secara alamiah.



Burung yang sedang mabung akan mengerahkan sejumplah tenaga dan stamina yang terdapat pada tubuhnya untuk menumbuhkan bulu baru.

Banyak sekali orang yang membicarakan hal ini. Karena burung mereka mengalami perubahan yang sangat pesat. Seperti giras. macet. Sampai bulu tidak tumbuh lagi

Masalah tersebuh di picu karena mereka selalu memaksa burung untuk beraktivitas yang menguras tenaga dan staminanya untuk proses mabung 

Hal tersebut biasanya di alami pada burung kenari. Burung ini jika sedang proses mabung. Akan diam, anteng dan tidak memiliki gairah apapun
Sebab burung menjaga tenaga dan staminanya untuk melewati proses mabung sendiri.

Jika kalian terlalu memaksa burung kenari untuk beraktivitas seperti berkicau atau di lombakan. Hal tersebut akan membuat burung semakin kehilangan tenaganya

Masalah yang akan di dapat jika terlalu memaksa burung kenari unruk berkicau atau di lombakan

• stres
• Botak permanen
• Macet bunyi
• Gagal produksi
• Suara menjadi serak
• Menjadi giras
• Mudah terjangkit penyakit

Perlu kalian ketahui bahwa burung kenari termasuk burung yang sensitif terhadap apapun. Bahkan sampai debu sedikitpun akan membuat sakit tenggorokan dan suara menjadi serak.

Untuk kalian cannary mania. Sebaiknya rawatlah burung kenaru yang sedang fase mabung dengan rawatan yang telat agar masalah di atas tidak menimpa burung kalian

Cara Merawat Burung Kenari Saat Mabung 

#1. Pengembunan

Burung kenari yang sedang mengalami fase mabung. Sebaiknya sering seringlah untuk di embunkan

Pengembunan bertujuan supaya burung dapat merasakan hawa sejuk dan suasana yang tenang. Dengan begitu tenaga dan stamina burung akan semakin pulih agar fase mabung burung tidak berangsur lama.

#2. Jemur

Ada sebagian banyak pecinta kenari yang mengatakan. Jika burung kenari sedang mabung. Sebaiknya kurangilah batas waktu penjemuran. Atau mungkin bisa saja tidak di jemur.

Penjemuran akan membuat akar dari bulu burung semakin alot dan keras. Sehingga bulu tersebut akan sulit untuk jatuh .

Jika ingin menjemur burung. Bisa di lakukan 1 minggu sekali. Biar tubuh burung tetap terasa hangat dan tetap sehat. 

#3. Mandi

Tidak berbeda dengan penjemuran
Mendi sebenarnya juga akan membuat bulu menjadi keras. Jika kalian ingin memandikan burung. Sebaiknya di waktu pagi hari.

Namun jangan sampai basah kuyup. Cupuk di semprot embun tipis saja. Agar burung tetap merasakan segar

#4. Pemberian pakan

Burung kenari yang sedang mabung. Membutuhkan asupan pakan yang banyak memgandung protein dan gizi 

Sebab dengan asupan pakan yang banyak protein dan gizi akan meningkatkan tenaga dan stamina burung untuk melewati proses mabung pada burung.

Pakan bisa kalian kombinasikan berbagai jenis biji. Misalnya milet putih, milet merah, cannary seed, biji sawi, biji lobak. 

Untuk tambahan berikan telur puyuh rebus. Karena telur banyak mengandung protein yang di butuhkan burung kenari. Kalian juga bisa memperi sawi, timun, oyong jika perlu tambahkan biji niger seed.

Sebab biji ini di percaya para cannary mania sebagai mempercepat proses mabung kenari. Untuk melihat manfaat biji niger seed untuk kenari kalian bisa baca artikel saya yang mengenai Sejumplah Manfaat Besar Biji Niger Seed Untuk Kenari

#5. Full Krodong

Agar proses mabung bisa berjalan dengan lancar. Sangkar haruslah di full krodong. Supaya burung kenari tidak merasa terganggu dengan adanya aktivitas manusia di sekitar sangkar.

Sebab burung yang sedang mabung akan memiliki sifat yang agresif  terhadap siapapun. Nah supaya bisa berjalan dengan lancar sangkar harus di krodong.

#6. Pemasteran

Setiap burung yang sedang mabung. Bisa di ibaratkan sebagai rengkarnasi. Sebab burung akan memiliki sifat yang unik dan aneh layaknya anakan.

Jadi pemasteran harus di lakukan. Supaya nantinya saat akan di lombakan isian tersebut akan membuat juri terpukau.


Sekian informasi dari saya. Semoga artikel di atas bisa membawa manfaat bagi kalian semuah.

Saya pamit dulu. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel