Cara Merawat Burung Kacer Saat Mabung

Fase mabung atau yang sering kali di sebut sebagai ngurak adalah proses alami rontoknya bulu pada semuah jebis burung tanpa terkecuali.

Semuah burung yang sedang mangalami fase mabung menggunakan beberapa tenaga dari tubuhnya untuk berjuang menumbuhkan bulu bulu barunya kembali lagi.


Kalori serta nutrisi yang pada tubuh burung akan di gunakan sebagai sumber tenaga untuk melewati proses fase mabung atau rontok bulu.

Sebaiknya bila burung kacer kalian sedang ngurak atau mabung kirangi aktivitas burung untuk berkicau atau di gantangkan.

Sebab aktivitas seperti gantangan memaksa burung untuk berkicau dan bongkar isian yang akan membuat tenaga burung semakin berkurang 
Sehingga proses mabung akan terganggu dengan kurangnya tenaga dan stamina tersebut.

Jika demikian terawangan yang akan di dapat atau dampak masalah yang akan datang cukup besar seperti

• Mengalami botak permanen

• Burung bisa saja setres berat

• Suara jadi serak tidak jernih

• Burung akan kandek tanpa kicau

• Jika setres burung akan semakin giras

• Semakin susah di kandalikan

Burung kacer saat sedang proses mabung sebaiknya di rawat dengan benar. Jangan memaksa burung untuk beraktivitas yang akan membuat tenaga dan stamina burung semakin terkuras. Sebab tenaga serta stamina tersebut di gunakan burung untuk melewati proses mabung.

Banyak orang yang kliru atau salah merawat burung kacer mereka saat mabung. Berdampak masalah seperti yang sudah saya jelaskan di atas

Ciri Ciri Burung Kacer Akan Mabung

• Burung akan terlihat gelisah dan semakin agresif saat di dekati

• Terlihat ada bulu yang rontok jatuh di dasar tebok sangkar.

• Saat mau mabung burung tidak punya gairah untuk berkicau atau hanya diam diam saja.

• Warna bulu akan terlihat kusam dan tidak cerah serta awut awutan kayak rambut singa

• Di bagian bulu sayap dan ekor akan terlihat terbelah akibat bulunya yang rontok


Perawatan burung kacer saat proses mabung

#1. Penjemuran

Ada sebagian pakar kacer yang mengatakan. Jika burung kacer saat mabung. Sebaiknya kurangilah penjemuran.

Sebab penjemuran pada burung kacer yang sedang mabung akan membuat akar pada bulu semakin keras dan alot. Yang akan membuat bulu sulit untuk jatuh dan bulu yang baru akan sulit tumbuh.

Penjemuran bisa kalian lakukan setiap 1 minggu sekali. Supaya burung tetap mendapatkan kesegaran dan birahi sedikit naik. Namun tetap di batasi dan jangan setiap hari.

#2. Pemandian

Tidak beda jauh dengan penjemuran. Untuk memandikan burung yang sedang mabung. Sebaiknya di semprot tipis embun saja. Dan jangan sampai basah kuyup.

Pemandian bisa kalian lakukan 3 hari sekali. Supaya suhu tubuh burung tetap setabil. Namun tetap di batasi dan jangan setiap hari. Sebab burung yang sedang mabung akan membuat kondisi burung tidak dapat di pastikan

#3. Extra fooding

Untuk mempercepat proses mabung berikan pakan tambahan yang mengandung banyak protein gizi dan kaya dengan nutrisi. Berikan jangkrik 10 ekor di pagi hari dan 5 ekor di sore hari. Untuk pemberian ulat hongkong cukup di takar dengan sendok makan 

Pemberian kroto bisa seminggu 2x sebab kroto mengandung protein yang sangat tinggi. Yang bagus untuk menambah stamina dan tenaga burung kacer untuk berjuang melewati proses mabung.

#4. Full Krodong

Selama burung kacer masih mabung. Jangan sampai kalian melepas krodong dari sangkar. Krodong membuat burung tambah tenang menahan aktivitas burung supaya tetap vit. Yang paling penting dari krodong. Membuat burung tidak stres 

Sebab burung yang sedang mabung akan semakin agresif saat di dekati orang. Bahkan pemiliknya sekalipun
Jadi fungsi full krodong ini bertujuan membuat burung supaya tenang dan tidak menimbulkan setres berat

#5. Pemasteran burung

Burung kacer yang sedang mabung di ibaratkan seperti burung yang baru saja menetas. Jadi pemasteran ini sangat penting di lakukan apalagi jika kacer tersebut adalah pemain lomba 

Tentu pemasteran ini sangat penting dan harus di lakukan. Sebab burung yang sudah tua pun. Akan seperti bayi jika sedang mengalami mabung.


Sekian informasi dari saya. Semoga info di atas bisa menambah ilmu seta pengetahuan kita semuah.

Saya pamit dulu. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu untuk para kicau mania nusantara

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel