Tips Dan Cara Beternak Burung Kenari Mulai Dari Pemula Sampai Sukses

Tips dan cara beternak kenari yang sukses - salah satu usaha sampingan yang sangat menguntungkan dan enggak di bilang sangat ribet adalah beternak burung kenari.


Beternak burung kenari tidak terlalu di bilang merepotkan atau menyusahkan. Karena burung yang satu ini sangat mudah dan ramah bagi keluarga di rumah. 

Mulai dari perawatan yang gampang serta jenis pakan murah meriah mampu menambah penghasilan kalian perbulannya.

Satu anakan kenari yang berjenis loper bisa di bandrol dengan harga sekitar 300 - 500rb tergantung dari khualitas induknya juga.

Nah jika kalian berminat untuk menambah penghasilan dengan usaha sampingan berternak burung kenari kalian pasti bisa melakukannya.

Namun jika kalian masih bingung dan bimbang mulai dari manakah harus di lakukan dan di persiapkan untuk beternak burung kenari. Artikel ini akan mencoba untuk menuntun kalian yang masuh pemula agar bisa sukses beternak burung kenari.

Step demi step dan langkah demi langkah akan saya ajarkan bedasarkan pengalaman saya di bidang beternak kenari. Simak artikel ini sampai selesai 

#1. Mempersiapkan kandang.

Beternak kenari yang harus penting di persiapkan adalah kandang buat wadah yang nantinya akan kalian gunakan untuk beternak kenari. Ukuran yang paling pas buat beternak kenari kalau menurut saya 50 x 50 ukuran kandang segitu sudah pas buat beternak burung kenari.

Tidak terlalu kecil dan tidak kebesaran juga. Dan yang paling penting adalah tidak terlalu banyak memakan tempat dan lokasi di rumah. Jadi sisa tempatnya bisa kalian gunakan untuk beternak burung kenari yang lain.

#2. Jenis indukan kenari.

Sudah ada banyak sekali jenis dan seri burung kenari yang terdapat di indonesia. Jenis kenari yang sering di tangkarkan di indonesia rata rata berjenis lokal, loper, af, f1ys, f2ys, dan f3ys, setiap seri tersebut harga jualnya juga bervariasi. Tergantung kalian mau menangkarkan yang mana.

Untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina simak penjelasan di bawah

Kenari jantan - kalau di lihat dari segi postur biasanya berbadan langsing dan panjang. Paruhnya terlihat tebal suka seriwik dan ngerol. Lehernya pun juga menjulang panjang. 

Kenari betina - jika di bandingkan dengan kenari jantan. Perbedaannya sangat jauh. Kenari betina postur tubuhnya terlihat sangat bulat. Lehernya yang pendek. Suka mengeluarkan suara yang khas 
( Memanggil ) warna bulunya yang terlihat kusam. Dan kurang aktif dalam berkicau 

#3. Umur induk

Kalau untuk beternak menentukan umur induk sangatlah penting di lakukan. Pilihlah umur induk yang sudah siap dan berpengalaman pula.

Umur yang pas sekitar 9 - 1thun agar induk burung yang nantinya akan betelur sampai meloloh anaknya sudah mahir dan berpengalaman 

Jika kalian memilih umur induk yang masih sangat muda. Banyak sekali dampak keluhan yang akan kalian hadapi. Seperti tidak mau mengerami telur. Mengacak acak sarang. Tidak mau meloloh anaknya. Dll

#4. Penjodohan induk

Ada 3 cara yang bisa kalian gunakan untuk proses penjodohan induk kenari. Seperti 

Metode sangakar - cara seperti ini sudah sangat populer di kalangan kicau mania untuk menjodohkan burung kenari. 

Ke-dua induk di pisahkan dengan masing masing sangkar yang berbeda. Setelah itu kedua sangkar akan di tempelkan agar calon induk tersebut bisa saling mengenal. 

Jika mujur dan calon induk sama - sama birahi. Akan di tandai dengan sang jantan berkicau dan ngeroll keras. Jika sang betina merespon di tandai dengan sedikit merunduk dan menggetarkan sayapnya.

Dengan begitu calon induk sudah siap di jadikan satu guna untuk proses perkawinan 

Tanpa di jodohkan - cara yang kedua bisa di sebut paling exstim. Pasalnya kedua calon induk yang belum pernah bertemu langsung di jadikan satu tanpa proses perjodohan.

Memang awalnya saling terlihat berantem. Namun di situlah awal mereka akan berkawin. Jika sama sama birahi. Perkawinan pun pasti akan terjadi juga 

Setelah 3 hari dan betina sudah terlihat mengangkut sarang kalian sudah bisa memisahkan sang jantan guna untuk di kawinkan kembali sama betina yang lain

#5. Bahan sarang


Terkadang para peternak pemula sangat menyepelekan hal ini. Padahal memilih bahan sarang sangat berpengaruh dalam kenyamanan saat pengeraman telur burung. Jika bahan sarang yang kalian gunakan terasa keras dan kaku di khawatirkan nantinya jika anakan yang baru menetas bisa tertusuk bahan tersebut.

Saran saya pilihlah bahan yang lembut. Misalnya dari tisu yang di sobek - sobek. Kertas bisa juga dengan jerami yang sudah kering. 

Jika kalian tidak mau repot. Kalian juga bisa membeli bahan sarang yang terbuat dari serat nanas. Banyak di jual di toko pakan burung. 

Kalau harganya kurang lebih 2rb murah lah. Tapi kalau di tempat kalian saya tidak tau 😁

#6. Perawatan telur

Nah jika induk kenari sudah betelur. Hal yang harus kalian lakukan adalah menjaga agar induk burung terasa nyaman saat mengerami telurnya.

Pada pengalaman saya pribadi. Saat burung saya sedang mengerami. Gangguan pertama adalah cicak. Sebab cicak ini suka mengganggu dan memakan telur burung kenari saya bukan hanya saja yang pernah mengalami hal seperti ini. Pak lek saya juga pernah telur telurnya hilang semuah akibat di makan cicak

Waspadalah pada cicak. Karena itu adalah gangguan pertama kalian. Untuk kalian yang ingin mengecek kualitas telur yang jadi atau yang enggak. Usahakan di saat induk kenari turun untuk makan. Lalu kalian bisa ambil telurnya dan bisa menyoltir yang mana yang jadi dan yang enggak.

Untuk telur yang jadi atau yang bakalan menetas jika di sorot dengan senter akan terlihat gelap gulita. Dan yang enggak jadi bila di sorot dengan senter akan cerah dan cahayanya terang.

#7. Perawatan piyik kenari

Jika induk kenari sudah mengerami telur selama 14 hari dan sudah menetas. Hal yang harus kalian persiapkan adalah pakan yang berupa telur puyuh. 

Agar bisa langsung di lolohkan kepada anaknya. jangan lupa untuk memberi pakan yang mengandung banyak protein dan banyak gizi. Supaya anakan kenari tidak mudah mati.

Pasalnya banyak peternak kenari yang mengeluh banyaknya anakan kenari yang mati karena sebab. Untuk mengantisipasinya telur puyuh sayuan dan buah buahan harus tersedia.

Rawatan yang lain

Untuk rawatan yang lain seperti membersihkan kandang mengganti air minum dan menjaga kenyamanan kandang juga harus di terapkan

Jika cepuk air minum kenari kotor itu akan membuat anaknya terkena penyakit diare dan virus. Jadi anaknya kadang terlihat kurus dan rebes.

Bersihkan kandang jika sudah waktunya untuk di bersihkan. Dan jangan lupa untuk menyemprot kandang dengan cairan anti septik seusai anaknya dewasa. Agar induk yang nantinya akan menempati kandang tersebut tidak terkena penyakit dan virus .



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel