Cara Ampuh Mengatasi Kenari Bersuara Serak

Suara serak pada burung kenari - kali ini saya akan membahas tentang bagai mana caranya mengatasi suara yang serak pada burung kenari.

Perlu kalian semuah tau bahwa burung kenari bisa di golongkan sebagai burung yang paling sensitif terhadap lingkungannya ( kandang )
Apabila kalian mempunyai peliharaan burung kicau seperti kenari ini hal yang harus kalian lakukan adalah sering dan telaten membersihkan sangkar burung agar tidak tertempel sama debu.

Sudah banyak sekali orang yang mengeluh karena suara burung kenari mereka mengalami gangguan serak.

Namun ada beberapa faktor yang membuat suara burung kenari bisa menjadi serak sampai tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali.

Berikut adalah faktor penyebab suara burung kenari menjadi serak.

#1. Debu

Tidak usah di ragukan lagi bahwa debu adalah sumper pertama yang membuat suara burung kenari  menjadi serak. Hal ini tidak bisa kalian umbar saja. Apalagi jika kenari kalian menjadi jago di arena perlombaan. Sebaiknya kalian harus mengobati secara teratur sebelum terlambat.

#2. Peradangan

Burung kenari memanglah mempunyai banyak sekali keunggulan dalam adu suara. Apalagi di saat ngeroll panjang. Jika suara serak yang di akibatkan karena sebuah penyakit peradangan tentu hal tersebut harus segera di obati. Peradangan di sebabkan karena banyaknya virus dan bakteri yang menempel pada tenggorokan burung kenari. 

Bakteri dan virus yang menumpuk di sebabkan karena kurang telitinya pemilik burung tersebut pada kebersihan kandang.

#3. Pola makan dan minum

Sebenarnya banyak sekali yang mendasari penyebab suara kenari menjadi serak. Salah satunya adalah pola makan dan minum. Jika kalian pernah melihat cepuk minum yang sudah berlumut sampai terlihat hijau. Sudah bisa di pastikan bahwa cepuk tersebut mengandung bakteri dan senyawa berbahaya yang dapat membuat tenggorokan burung kenari terasa gatal. Dan suara kenari terdengar serak saat berkicau.

#4. Birahi

Buat para peternak burung kenari pastinya kalian semuah sudah memahami karakter burung ini. Jika burung kenari sedang birahi dan birahi tersebut sudah di puncaknya tentu kalian akan mengawinkan burung tersebut. Namun jika burung kenari sudah selesai kawin. Maka sang jantan akan terdengar seran saat berkicau. Kalau bertanya kepada saya mengapa itu bisa terjadi. Saya tidak bisa menjawab karena itu sudah sifat alamiah dari di burung.

#5. Penyakit nafas

Sudah banyak sekali orang yang berkecimpung di dunia hobi kenari ini yang mengalami burungnya terkena penyakit nafas. Saya pribadi juga pernah mengalami hal seperti ini.

Penyakit nafas pada burung kenari di tandai dengan adanya suara krok krok krok saat burung bernafas. Penyebab burung kenari terkena penyakit nafas adalah kurang bersihnya sirkulasi udara yang terdapat pada lingkungan burung tersebut. Serta debu dan kurang bersihnya kandang yang membuat burung mudah terkena penyakit. Walaupun burung tersebut masih bisa berkicau namun suara yang di kluarkan akan tersengar sangat seran seta lirih.

Cara mengobati burung kenari yang bersuara serak.

Saya akan membagikan cara yang pernah saya lakukan di saat burung saya mengalami serak juga.

• apabila burung kenari kalian sudah terlanjur serak sebaiknya burung janganlah terlalu sering di jemur berlebihan. Kalau menurut saya pribari. Burung kenari tidak terlalu benyukai tempat yang panas. Jadi usahakan menjemur dengan durasi yang pendek sekitar 10 - 15 menit saja itu sudah cukup.
 Karena pada dasarnya burung kenari bukanlah burung yang bertipe panas layaknya lovebird, jentet, kacer murai dll jadi jika menjemur burung kenari berlebihan itu akan membuat tenggorokan burung menjadi kering jadi untuk menjemur kenari sebaiknya dengan durasi yang sedang sedang saja.
• burung kenari yang terkena serak sebainya seringlah di mandikan. Karana bertujuan untuk membersihkan debu yang menempel pada bulu - bulu burung kenari.
Dan jangan lupa untuk membersihkan dasar tebok sabgkar yang penuh kotoran agar si burung terhindar dari bakteri dan virus yang membuat tenggorokan kenari menjadi serak.
untuk masa pengobatan sebainya berikan daun mengkudu yang masih muda. Banyaj sekali para kicau mania yang menggunakan daun mengkudu untuk proses pengobatan suara serak pada kenari. Sebelum kalian berikan pada kenari. Sebaiknya kalian cuci terlebih dahulu. Guna debu yang menempel pada daun tidak ikut masuk di dalam tubuh kenari.
• untuk sementara itu untuk minumnya menggunakan air yang matang saja. Agar bisa cepat proses penyembuhannya.
• jangan lupa untuk memberikan vitamin burung agar daya tahan tubuh burung menjadi kuat. Dan tidak mudah terserang penyakit. Pakan yang mengandung banyak protein dan gizu juga perlu di berikan agar kesembuhannya tidak berangsur lama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel