Manfaat Mentimun Bagi Burung Kenari

Burung kenari biasanya terlihat hanya memakan biji - bijian dan sayur seperti sawi putih dan juga telur puyuh saja. Namun tahukah kalian bahwa burung kenari juga sangat gemar memakan sayuran yang lain

Salah satu sayuran yang bagus untuk di berikan kepada burung kenari adalah sayur mentimun



Mentimun jika di konsumsi oleh manusia. Biasanya di oleh menjadi macam macam makanan. Seperti acar, lalapan, atau di buat sebagai hiasan makanan mewah. 

Namun berbeda halnya jika untuk di konsumsi burung kenari. Penyajiannya cukup di potong potong dan di gantung di sangkar.

Banyak sekali manfaat mentimun buat burung kenari. Dari manfaat bagus itulah mengapa mentimun sangat di sukai oleh burung kenari.

Berikut beberapa manfaat mentimun buat burung kenari.

#1. Sebagai penurun over birahi OB

Cara yang paling cepat untuk menurunkan over birahi pada burung kenari adalah. Dengan memberinya mentimun setiap hari.

Pemberian mentimun sudah teruji para kicau mania untuk menurunkan over birahi pada burung kenari.

Jadi jika kalian mempunyai burung kenari yang sedang over birahi mentimun adalah cara cepat untuk menangani OB pada burung kalian.

#2. Melancarkan pencernaan burung kenari.

Jika kalian mempunyai burung kenari yang sedang mengalami masalah pencernaan. Kalian bisa memberikan mentimun sebagai obat alami untuk melancarkan pencernaan burung.

Sebab kandungan air yang melimpah pada mentimun. Mampu melarutkan semuah pencernaan yang membuat masalah di dalam perut burung.

Menjadikan burung tetap vit dan sehat. Jika burung kenari kalian sehat pastinya akan menghasilkan kicauan yang merdu pula untuk kalian majikannya.

#3. Mencegah dehidrasi 

Mentimun juga dapat mencegah gangguan deidrasi pada burung kenari di musim kemarau. Jika musim kemarau sedang tiba. Sebaiknya kalian bisa mengganti pakan tambahannya dengan mentimun yang dapat menyejukan tubuh kenari.

Sehingga burung tidak akan mudah terkena deidrasi dan tidak mudah kelelahan saat bernyayi.

#4. Dapat menjernihkan suara kenari 

Mentimun jika di konsumsi sama manusia. Pastinya akan di gunakan sebagai obat sariawan atau tenggorokan yang sedang kering

Namun apabila mentimun di konsumsi sama burung kenari. Khasiatnya akan membuat suara burung akan menjadi jernih dan nyaring. Sebab mentimun dapat merontokan lendir lendir yang menempel pada tenggorokan kenari yang dapat mengakibatkan suara menjadi serak.

Untuk menghindari hal semacam itu. Berikan mentimun sebagai pakan tambahan supaya suara kicauannya semakin merdu dan nyaring.

#5. Mampu mempercerah warna bulu pada burung kenari.

Jika kalian pernah pergi di salon rias kecantikan. Pastilah kalian akan menemukan mentimun sebagai alternatif pelembut dan pencerah kulit

Namun apabila untuk kenari mampu untuk mencerahkan warna bulu bulu burung. Namun untuk pemberikan mentimun pada  kenari agar bulunya cerah. Sebaiknya pemberian itu di lakukan saat sedang fase mabung.

Dengan begitu memungkinkan bulu bulu burung yang akan tumbuh akan terlihat cerah dan bagus 

#6. Sebagai pakan alternatif pengiriman burung pada pembeli

Jika kalian ingin mengirimkan burung kepada pembeli di jarak jauh. Mentimun bisa menjadi salah satu pakan alternatif paling praktis 

Sebab mentimun ini tidaklah mudah busuk dan basi. Jika kalian memberikan pakan berupa milet atau cannary seed saat pengiriman

Di kawatirkan pakan tersebut akan tumpah dan bercampur sama kotoran kotoran yang dapat menyebabkan burung terjangkit penyakit yang di sebabkan oleh bakteri dan virus

Apabila sampainya kiriman di tangan pelanggan. Dan melihat burung yang di terimanya sakit. Pastinya akan membuat pelanggan terasa kecewa dan tidak akan membeli burung dari kalian lagi.

#7. Mencegah kegemukan

Kegemukan adalah salah satu hal yang paling menyebalkan pada burung kenari. Akibatnya burung kenari menjadi kurang lincah serta kurang aktif saat berkicau.

Jika burung kenari kalian sudah terlanjur kegemukan. Berikan mentimun untuk menurunkan berat badannya. Sebab memberikan mentimun pada kenari yang sedang kegemukan adalah cara yang paling manjur dan mujarab untuk mengurangi tingkat kegemukan pada kenari.



Itulah beberapa manfaat mentimun buat burung kenari yang saya ketahui

Semoga artikel ini mampu memberikan pengalaman bagi kalian serta informasi yang bermanfaat pula

jika ada artikel artikel saya yang membuat kalian kurang jelas dan kebingungan bisa berkomentar di bawah untuk di tanyakan

Saya undur diri sampai berjumpa kembali di lain waktu sampai jumpaaaaaaaaaa 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel