Cucak Ijo Agar Bongkar Isian Saat Lomba Dan Juara


Di artikel kali ini, saya akan membagikan sedikit tips, rawatan supaya burung cucak ijo mau bongkar isian saat di arena lomba. Jadi baca artikel ini sampai selesai.
Saat di tiang besi, para jamtrok mania pastinya menginginkan cucak ijo yang menjadi andalan mau bongkar isian, mau buang materi, dan pastinya dapat penilaian A+ dari juri.

Walaupun tidak jamtrok dan terlalu hyper, namun masih bongkar materi, itu sudah menjadi kebanggaan dan kepuasan sendiri dari si perawat cucak ijo tersebut.

Berikut ini beberapa tips dan upaya yang bisa di lakukan agar cucak ijo mau bongkar isian di arena lomba 

Yang akan saya bagikan adalah rawatan dan settingan yang biasa saya gunakan, bahkan untuk cucak ijo lain pun saya menggunakan cara dan settingan yang akan saya bagikan ini. Ada yang cocok dan ada yang tidak sih, namun kalian bisa coba coba terapkan pada cucak ijo yang masih bahan.

1. Pahami Terlebih Dahulu Karakter burung cucak ijo kalian

Jika burung kalian masih kategori bahan, sebaiknya fahami dulu karakter dari cucak ijo tersebut. Supaya lebih mudah dan simpel saat proses mengondisikan burung tersebut.

2. Perhatikan Tingkat Fighter Dari Burung Tersebut

Ini penting, sebab jika tidak mengamati tingkat fighter burung, yang di kuatirkan akan timbul birahi, Jika analisa pada burung tersebut kurang tepat.

Mengapa? Mengingkatkan fighter pada burung cucak ijo, salah satunya pasti dengan EF  nah inilah yang di kuatirkan akan menyebabkan birahi.

Jika tingkat fighter pada burung sudah pas, emosi sesuai, saat di arena lomba kita tinggal mengondisikan di lokasi yang tepat.

3. Makanan Kesukaan Cucak Ijo

Sebelum kalian memutuskan untuk membawa cucak ijo ke arena lomba, sebaiknya di lihat dulu, pada buah ada cucak ijo tersebut sering ngeplong. 

Dan yang paling penting, settingan jangkrik, UH, kroto, saat di rumah berapa ekor jangkrik yang pas untuk cucak ijo tersebut.
Misalnya, pagi 3 sore 3 jika sudah mau ngeplong, berarti pas, jangan di tambah dan di kurangi.

Kalau UH dan kroto, bisa kalian berikan saat burung kurang birahi, atau bisa di berikan saat di arena lomba saja.

H-1 Perawatan Harian

Untuk H-1 rawatlah sesuai dengan rawatan harian yang biasa di lakukan. Misalnya seperti pengembunan, mandi, jemur, membersihkan kandang, sampai selesai.

Untuk settingan EF, sesuai dengan kebiasaan. Jangan di tambah tambah dulu, takutnya birahi yang malah meningkat.

H-2 H-3 Perubahan 

Perawatan masih sama, cuma ninggal mandi saja. Namun untuk mengondisikan suhu tubuh burung, sediakan cepuk besar, jika cucak ijo ingin mandi, biarkan saja. Berarti suhu tubuhnya tidak terkondisi.

Terus, jemur tipis saja, paling tidak 5-10 menit, tujuannya agar tubuh cucak ijo hangat dan fresh.

Untuk buah, gunakan andalan masing masing, dan settingan EF pagi jangkrik 3 siang UH 2 ekor sore 3 jangkring, krodong dan berikan masteran.


H-4 H-5 Lakukan Terapi

Saat akan mendekati hari H lakukan terapi, jika kalian tidak ada kandang umbaran, kalian bisa menggunakan metode sauna.

Untuk rawatannya, pengembunan seperti biasa, namun untuk penjemuran yang berbeda, yaitu sauna. Jika kalian memiliki kandang umbaran, bisa langsung kalian masukan dalam kandang tersebut.

Biarkan burung cucak ijo terbang sesukanya, jangan di paksa. Sediakan buah atau makanan kesukaannya. Biar bila lapar cucak ijo bisa makan.

Untuk EF pagi jangkrik 2 siang kroto secukupnya, untuk sorenya 1 jangkrik saja. Krodong lalu masterin.

H-6 H-7 mengondisikan burung

Mendekati puncak hari H, untuk rawatan cukup di Embukan saja, jemur tipis 5 menit agar burung fresh, setelah itu angin angin kan di depan teras atau bisa juga di bawah pohon.

Untuk settingan EF jangkrik pagi 3 dan sore 3, lalu krodong biarkan burung istirahat jangan putarkan masteran, kalau tidak cocok dengan masterannya, yang di kuatirkan malah saling trek dengan masteran tersebut.

Hari H Saatnya lomba

Puncaknya, pagi harus keluar untuk pengembunan, mandikan burung lalu jemur 15 menit, untuk porsi jangkrik di tambah pagi 5, angin anginkan di depan teras agar burung mau ngeplong. Setelah itu krodong lalu masukan dalam rumah.

Untuk siangnya, beri kroto secukupnya, lalu krodong kembali, usahakan sebelum berangkat ke arena lomba, burung harus kenyang dulu, supaya nanti sampai di arena lomba, settingan dan mengondisikan burung lebih mudah.

Saat sudah di arena lomba, carilah lokasi yang agak sepi, buka resleting krodong, jika burung mau ngeplong dan nembak nembak, jangan pindah pindah, biarkan di lokasi tersebut.

Jika emosi burung masih kurang, pancing dengan MP3, berikan UH 1 ekor dan kroto sedikit saja. Setelah gilirannya naik coba lihat apakah burung tersebut cocok dengan settingan ini atau tidak, fahami apa yang kurang dari settingan ini. Supaya nantinya bisa lebih tau, apa yang di inginkan cucak ijo kalian jika akan di lombakan.

Tambahan

Saya menggunakan rawatan ini, ada yang cocok dan ada yang gak cocok, namun hargai setiap orang yang memberikan refrensi, siapa tau cocok pada burung kalian. Semoga bermanfaat selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel