Penyebab Kenari Tidak Bertelur setelah kawin

Dalam bisnis penangkaran burung kicau misalnya kenari memang ada kalanya mudah dan ada kalanya sangat sulit.

Sudah banyak orang yang memilih mundur dan pindah haluan untuk memilih bisnis penangkaran burung yang lain



Masalah tersebut timbul di karenakan induk kenari mereka macet produksi ataupun mandul. Memang burung kenari memiliki banyak sekalian keunggulan misalnya

• Mudah sekali jinak

• Selalu berkicau

• Mudah adaptasi dengan lingkungan barunya

• Mudah akrab dengan pemiliknya yang masih baru

• Memiliki gaya tarung yang khas dan unik

• Tidak mudah stres

• Perawatan yang mudah Dan harga pakan yang relatif murah

Namun di dalam keunggulan burung kenari masih menyimpan banyak kekurangan yang harus kalian ketahui. Misalnya

• Gampang botak

• Rontok bulu permanen

• Gampang terkena jamur kuku

• Mudah terkena serak pada suara

• Gangguan pernafasan

• Sensitif terhadap debu

• Terkena snot

• Penyakit nyilet

Sebenarnya kemurangan dari burung kenari seperti yang saya tulis di atas bisa di cegah dengan rutin menjaga kebersihan kandang dan sering memberikan multi Vitamin

Namun ada satu masalah yang saya sendiri mengalaminya dan belum menemukan solusinya. Yaitu Tidak betelur meski sudah melakukan proses perkawinan berkali kali

Jujur saja selama saya menjadi peternak kenari dan sampai sekarang pun saja juga masih beternak belum juga menemukan pemecah masalah di atas. Banyak juga orang yang membuat artikel tentang masalah ini dan saya mengikutinya tetap saja hasilnya tidak memuaskan

Sampai sampai memotong bulu di sekitar klaoka. Karena saya kira sperma tidak masuk akibat menempel di bulu bulunya

Memotong kuku. Karena saya kita saat kenari jantan naik untuk kawin kukunya kepanjangan dan melukai sang betina.

Memberikan biji pakan yang berkualitas dan saya setting semampu saya. Juga tidak memuahkan hasil

Sampai sampai saya juga memberinya doping untuk penyubur kandungan kenari betina. Masih juga tidak betelur

Setelah amati. Mungkin karakter dari burung kenari ini setelah produk 3x sampai 5x masa produknya sudah habis. MUNGKIN SAJA

Sebab awalnya produk lancar tanpa ada hambatan apa - apa namun setelah 4x produk masalah tersebut muncul. Padahal umur dari burung kenari saya masih terbilang muda sekitar 1tahun lebih 3 bulan

Sempat juga saya mencoba mengganti pejantan karena saya kira pejantannya yang tidak ngisi. Ternyata masih tetep juga.

Jadi dari pengalaman ini saya menyimpulkan. Bahwa memang sudah karakter burung tersebut begitu

Kenyataanya induk kenari saya yang lain tidak mengalami hal yang seperti itu. Paling betelur tapi tidak isi itu masih lumrah

Lah bagaimana jika sudah kawin berkali kali sampai ganti pejantan juga masih tidak bertelur.

Sampai sekarang kenari tersebut masih saya rawat dan saya pelihara namun saya kasih tugas untuk mengerami telur burung kenari yang lain dikala induk kenari yang lain sedang rewel atau sakit

Anggap saja lah saya sedang curhat untuk menemukan solusi dan pemecah masalah ini 

Namun jika kalian mempunyai masalah yang sama dengan saya. Mungkin memang sudah karakter dari burung tersebut begitu. Karena bukan hanya saya yang mengalami hal ini teman saya yang lebih lama beternak kenari juga mengalaminya dan tidak tau bagaimana caranya mengatasi masalah tersebut.

Ok semoga informasi ini dapat menjadi manfaat buat kalian semuah 
Apalagi yang sedang mengalami hal serupa dengan saya. 

Jika anda mempunyai solusi dan bagaimana caranya. Bisa kalian tulis di bawah kolom komentar 

Di sini kita saliang belajar tidak ada yang lebih jago. Karena yang jago juga butuh solusi juga. 

Saya pamit dulu semoga bermanfaat 
Sampai jumpa di lain waktu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel