Cara Mengatasi Kacer Mbagong

Burung kacer mbagong adalah sebuah sebutan atau istilah yang biasa di gunakan para kicau mania khusus untuk kacer mania untuk menjuluki prilaku prilaku kacer yang unik serta nyeleneh saat kacer sedang mengembungkan bulu bulunya atau yang sering di sebut mbagong



Perlu kalian ketahui mbagong pada burung kacer sebenarnya ini adalah sifat alamiah pada burung kacer
Di alam liar burung kacer sering terlihat mengembungkan bulu bulunya di pagi hari saat pengembunan.

Sifat dan prilaku burung kacer ini sebenarnya bukanlah sebuah masalah yang menghawatirkan bagi kalian. Karena ini adalah sifat dan karakter dari burung kacer sendiri.

Yang perlu di pikirkan pada sifat alami burung kacer adalah di saat kacer sedang di lombakan dan tiba tiba mengembung. Hal ini akan membuat penilaian jelek di mata juri

Sebenarnya sifat ini susah untuk di hilangkan secara total. Karena ini sudah watak prilaku dan karakter dari burung kacer secara alami.

Namun ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti dan lakukan untuk mengurangi munculnya sifat mbagong pada burung kacer. Apalagi di saat burung sedang di lombakan.

Tanda Tanda Kacer Akan Melakukan Mbagong

Bulu Mengembung Kayak Balon
 Kacer Mbagong Biasanya Di Barengi Melompat Lompat Sambil Berkicau
Serta mengeluarkan suara decitan yang aneh
Burung sedang sakit dan mengembungkan bulu bulunya

Cara Merawat Kacer Agar Tidak Mudah Mbagong

#1. Terapi mandi malam

Mandi malam memiliki sejumplah manfaat besar pada burung. Seperti untuk menjinakan burung. Interaksi pada burung dan melatih burung.

Namun ada manfaat lain yang tersembunyi. Ya itu untuk terapi kacer supaya mengurangi sifat mbagongnya

Mandi malam di percaya mampu untuk mengatasi sifat mbagong pada burung kacer. Sebaiknya pemandian di lakukan secara rutin dan konsisten
Supaya hasil perubahan pada burung dapat di lihat secara cepat.

Untuk mandi malam. Sebaiknya perhatikan juga untuk cuaca. Jika burung di paksa mandi di cuaca malam yang dingin atau hujan di khawatirkan burung akan sakit

#2. Penjemuran

Burung selain kacer yang dapat melentung atau mengembungkan bulu di bagian dada adalah Murai KL dan jentet  sepertinya burung bisa menjadi seperti ini di akibatkan burung kurang panas atau jemuran.

Jika burung kekurangan penjemuran.
Di sebabkan karena kalian sibuk dengan pekerjaan dan pulang larut malam. Burung tidaklah terurus dengan baik.

Untuk mengatasi ini. Penjemuran bisa di lakukan dengan durasi yang lumayan lama. Supaya burung akan tetap vit dan segar. Dan mbagong pada burung kacer akan mengurang atau mungking hilang dengan sendirinya.

#3. Setelan pakan 

Setelan pakan juga dapat mempengaruhi burung kacer ini menjadi sering mbagong. Umumnya setelan biasa di lakukan dengan memberi jangkrik 5 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Untuk pemberiah ulat hongkong cukup 10 ekor saja. Kroto 1 minggu 2 kali.

Setelan ini bisa kalian coba untuk mengurangi tingkat mbagong pada burung kacer kalian. 

#4. Kalah mental

Meskipun burung kacer memiliki tingkat tarung yang tinggi burung ini bisa saja drop saat mentalnya kalah jika bertemu musuh yang lebih jago darinya. 

Untuk melatih mental burung kacer. Apalagi jika ingin di lombakan sebaiknya trek dulu kacer kalian dengan milik teman atau tetangga yang sudah gacor.

Melatih mental kacer sebaiknta jangan terlalu dekat atau terlalu menempel kasihlah jarak kira kira 3 meter supaya jika mental burung kalian masih belum stabil bisa kalah dan membuat burung semakin mbagong

#5. Pemasteran

Burung yang memiliki mental petarung. Di pengaruhi dari isian pemasteran itu sendiri 

Kacer mania. Biasa memasteri burung mereka dengan kicauan burung yang kasar. Seperti tengkek buto. Love bird. Cililin dll.

Ujur kacer mania yang pernah saya tanya pas di gantang. Isian yang menembak misalnya cililin atau tengkek. Mampu untuk menciutkan mental lawannya. 

Jadi pemasteran ini berguna untuk menguatkan mental kacer yang mbagong akibat kalah mental


Sekian informasi dari saya. Semoga dengan adanya info ini kalian bisa menambah pengalaman 

Saya pamit dulu selamat mencoba semoga sukses selalu untuk kicau mania nusantara

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel